Jumat, 26 April 24

Ini Bahan yang Digunakan dalam Bom Panci

Ini Bahan yang Digunakan dalam Bom Panci
* Bom Kampung Melayu.

Jakarta, Obsessionnews.com – Polisi telah mengidentifikasi jenis penggunaan bom di terminal Kampung Melayu, Jakarta Timur. Diduga kuat bom yang digunakan pelaku adalah bom panci sama dengan bom yang pernah diledakan di Bandung.

“Serpihannya mirip seperti yang ditemukan di Bandung,” ujar Kepala Divisi Humas Mabes Polri Inspektur Jenderal Setyo Wasisto di lokasi kejadian, Kamis (25/5/2017).

Dugaan itu menguat setelah polisi menemukan struk pembelian panci di TKP. Panci itu diketahui dibeli di Padalarang. “Struk bukti pembelian panci pada 22 Mei 2017 pukul 09.00. Ditemukan di kantong salah satu pelaku,” ujarnya.

Polisi menyebut panci bertekanan tinggi digunakan sebagai wadah untuk menyatukan bahan-bahan material bom rakitan. Selain itu, bukti-bukti memperkuat dengan adanya temuan lempengan alumunium, serpihan ransel, paku, dan gotri.

Namun Setyo belum bisa menyebutkan intensitas ledakan yang dihasilkan. Tim laboratorium forensik akan memeriksa kandungan bom terlebih dahulu. “Kalau low atau high, laboratorium forensik yang bisa menyatakan itu karena identifikasinya dari serbuk residu itu yang akan diperiksa,” katanya.

Jika menilik ke belakang, ada beberapa senyawa kimia yang kerap dijadikan bahan peledak utama bom panci. Kasus bom panci di Bandung, misalnya. Pihak Kepolisian menemukan bahan peledak TATP (triacetone triperoxide).

Bahan ini memiliki daya ledak tinggi dengan kecepatan rambat reaksi mencapai 5.300 meter per detik, termasuk bahan peledak kategori primer. Berbeda dengan jenis primer, bahan peledak kategori sekunder tidak mudah meledak.

Bahan lain yang digunakan adalah gliserin (glyserine). Cairan itu adalah bahan baku untuk membuat nitrogliserin, cairan yang mudah meledak. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.