Jumat, 26 April 24

Yuan Cina Mau Jadi Mata Uang Cadangan IMF

Yuan Cina Mau Jadi Mata Uang Cadangan IMF

Jakarta, Obsessionnews – Hari ini, Senin (30/11), merupakan final apakah mata uang yuan milik Cina bisa menjadi duit internasional seperti dolar AS, euro, pundsterling atau yen Jepang. International Monetary Fund (IMF) bakal mengambil keputusan setelah melaksanakan voting.

Reuters mengabarkan, Direktur Pelaksana IMF Chistine Lagarde bersama 20 pejabat lainnya berkumpul di Washington guna memutuskan penggunaan yuan pada transaksi internasional.

Menurut Lagarde, pertemuan akan membahas apakah yuan layak masuk Special Drawing Rights (SDR) atau tidak. Dia sendiri mendukung masuknya duit Cina ke dalam SDR. Namun sampai saat ini belum ada penjelasan lebih lanjut.

Dalam pertemuan tersebut, menteri keuangan dan 188 gubernur bank sentral hadir. Para dewan gubernur IMF mendelegasikan haknya kepada dewan eksekutif yang terdiri dari 24 direktur eksekutif.

Pemegang hak voting paling besar adalah Mark Sobel, Direktur Eksekutif IMF dari Amerika Serikat yang mewakili pemerintahnya dengan porsi sebanyak 17 persen. Sementara Cina yang diwakili mantan pejabat People’s Bank of China Jin Zhongxia cuma punya hak sebesar 3,8 persen.

Selanjutnya, Kanada, Perancis, Jerman, Inggris, Italia, Jepang dan AS yang tergabung dalam negara G7 punya hak voting mencapai 43 persen.(Mahbub Junaidi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.