Senin, 20 September 21

61 ABK Diperbudak Kapal Asing, Menteri Susi Bertindak

61 ABK Diperbudak Kapal Asing, Menteri Susi Bertindak

Jakarta, Obsessionnews – Terkait 61 ribu anak buah kapal (ABK) yang diperbudak kapal asing di perairan Selandia Baru, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, meminta Duta Besar negara tersebut untuk mendorong pemerintahnya mengeluarkan kebijakan yang melindungi tenaga kerja Indonesia.

“Mereka kerja di perairan Selandia Baru. Bukan di kapal mereka, tetapi kapal-kapal milik Korea dan Taiwan. Saya sudah menghubungi Duta Besar Selandia Baru,” kata Susi pada Lokakarya Internasional dalam Rangka Perlindungan HAM pada Usaha Perikanan Tangkap, Jakarta, Senin (30/11).

Menurut Susi, para ABK mendapat perlakuan sangat tidak manusiawi. Atas laporan tersebut, dia bilang pemerintah Selandia Baru menyatakan bakal melakukan langkah proteksi.

Dalam waktu dekat, pemerintah Selandia Baru akan mengeluarkan kebijakan yang mewajibkan kapal charter bekas asing di sana agar teregistrasi di otoritas. Dan ini, adalah salah satu proteksi yang akan diperoleh WNI.

Susi menyebutkan, praktek penangkapan ikan ilegal bukan cuma merupakan kejahatan pencurian. Di situ, juga terdapat unsur kriminal lain seperti perbudakan, perdagangan manusia, sampai penyelundupan.

Susi berharap negara-negara kepulauan lain mau berkaca dari kasus Benjina di Indonesia yang terbukti melanggar HAM karena perbudakan. (Mahbub Junaidi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.