Sabtu, 13 Agustus 22

Wanita Minum Kopi Berlebihan Bisa Ganggu Kesuburan?

Wanita Minum Kopi Berlebihan Bisa Ganggu Kesuburan?
* Ilustrasi wanita minum kopi. (Costa Del Sol magazin)

Kafein merupakan zat yang dapat ditemukan di dalam kopi, teh, soda, dan cokelat. Jika berlebihan, wanita yang konsumsi kafein dapat memengaruhi kesuburan dan menghambat proses kehamilan?

Penelitian mengenai apakah kopi memengaruhi kesuburan wanita dimuat di dalam jurnal Epidemiology tahun 2012.

Penelitian tersebut menunjukkan hasil yang menghubungkan asupan kafein dalam kopi, teh, dan soda dengan tingkat kesuburan wanita. Penelitian ini mengamati 3.000 wanita di negara Denmark dan berikut hasilnya:

Tidak ditemukan perbedaan tingkat kesuburan pada wanita yang tidak mengonsumsi kopi, mengonsumsi 0,1 gram kafein, maupun yang mengonsumsi 0,3 gram kafein (lebih dari satu cangkir kopi) per hari.
Mengonsumsi dua porsi atau lebih teh setiap hari membuat wanita sedikit lebih mungkin untuk hamil. Hal ini berlaku jika dibandingkan dengan wanita yang tidak minum teh.

Wanita yang mengonsumsi soda memiliki kemungkinan hamil yang lebih kecil jika dibandingkan dengan yang wanita yang tidak minum soda.

Wanita yang minum tiga porsi soda per hari memiliki tingkat kesuburan yang lebih rendah jika dibandingkan dengan wanita yang minum satu porsi soda per hari.

Selain itu, penelitian terkait kafein mengganggu kesuburan dilakukan tahun 2017.

Mengutip dari VeryWell, risiko minum minuman berkafein seperti kopi ditemukan pada dua pasangan yang menjalani perawatan kesuburan. Berikut hasil penelitiannya:

Konsumsi 0,3 gram kafein bisa meningkatkan risiko keguguran dini atau spontaneous abortion (SAB).
Konsumsi 0,6 gram kafein dapat meningkatkan risiko keguguran sebanyak dua kali lipat.

Konsumsi kafein tidak memengaruhi durasi atau waktu yang dibutuhkan oleh pasangan untuk bisa hamil dengan pembuahan alami.

Asupan kafein tidak memiliki efek samping terhadap pasangan yang menjalani perawatan kesuburan.

Menanggapi hal ini, dr. Reza Fahlevi, Sp.A, menyampaikan bahwa zat kafein yang dikonsumsi berlebihan bisa memengaruhi kesuburan.

“Kalau terlalu banyak, maka adrenalin tinggi dan akan membuat tensi darah tinggi. Sehingga berpengaruh ke kesuburan,” kata dr. Reza.

Ketika ingin memiliki momongan, sebaiknya pria dan wanita mulai mencatat dan memperhatikan makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Dokter Reza menyarankan agar pasangan tidak mengonsumsi minuman berkafein melebihi dua cangkir per hari.

Masih dilansir dari Verywell, konsumsi kafein per hari idealnya sebanyak 0,1 gram. Perhatikan jumlah kafein di dalam tabel kemasan minuman atau makanan yang hendak Anda konsumsi.

Selain itu, memeriksakan diri dan berkonsultasi kepada dokter juga dapat membantu Anda serta pasangan untuk mewujudkan kehamilan yang sehat. (Klikdokter/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.