Jumat, 19 April 24

Wamenag Zainut: BTN Santri Developer Kebangsaan akan Mendorong Pesantren Berkontribusi Menekan Angka kemiskinan

Wamenag Zainut: BTN Santri Developer Kebangsaan akan Mendorong Pesantren Berkontribusi Menekan Angka kemiskinan
* Penabuhan rebana tanda dibukanya BTN Santri Developer Kebangsaan Batch 2 di Pesantren KHAS Cirebon, , Jawa Barat, Sabtu (29/1/2022). (Foto: Humas Kemenag)

Cirebon, obsessionnews.com – Program yang digagas NU Circle bersama Bank Tabungan Negara (BTN) diharapkan bisa melahirkan Santri Bagus Pintar dan Wirausahawan (Santri Gus Iwan).

 

Baca juga:

Tegas! Pemimpinnya Diduga Perkosa Sejumlah Santri, Kemenag Cabut Izin Operasional Pesantren Manarul Huda Antapani

Kemenag Tegaskan Oknum yang Diduga Pelaku Tindak Asusila terhadap Santriwati Sudah Diamankan Polda Jabar

 

Harapan itu disampaikan Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa’adi ketika memberikan sambutan pada Opening Ceremony, BTN Santri Developer Kebangsaan Batch 2 di Pesantren KHAS Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (29/1/2022).

“Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin sering menyampaikan bahwa pesantren bisa menjadi pusat pemberdayaan ekonomi Indonesia selain pusat pencetak ulama,” tutur Wamenag sebagaimana dikutip dari situs resmi Kementerian Agama.

Dia menerangkan, program BTN Santri Developer Kebangsaan merupakan program santripreneur yang akan mendorong santri dan pesantren turut berkontribusi aktif menekan angka kemiskinan di masyarakat dan meningkatkan indeks Pembangunan Manusia (IPM) melalui penguatan kemandirian dan kewirausahaan.

“Tidak dapat dipungkiri, di berbagai bidang, banyak keterlibatan kaum santri dalam membangun bangsa,” ujar Wamenag.

Ia menjelaskan, peran santri sangat besar semenjak pergerakan memperjuangkan merebut kemerdekaan, pembangunan, dan membentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Kaum Pesantren memiliki keinginan kuat menanamkan konsep untuk membangun bangsa. Santri siap mendedikasikan dirinya untuk kepentingan masyarakat. Di mana terlihat banyak santri memposisikan diri di berbagai bidang, kali ini membangun dalam bidang properti,” ucapnya.

Bahkan, lanjutnya, seiring perkembangan zaman, kaum santri patut bersyukur dengan adanya Undang-undang (UU) Pesantren. Sebagai afirmasi bagi pesantren, guna memperkuat santri dalam pembangunan nasional.

“Saya berharap pelatihan ini banyak melahirkan usahawan, yang berpartisipasi dalam membangun masyarakat. Apresiasi kepada BTN, NU Circle dalam mendukung acara ini, dalam membangun masyarakat dan bangsa,” tandasnya.

Sementara itu pengasuh Ponpes KHAS Cirebon KH Musthofa Aqil Siroj menyampaikan terima kasih kepada semua khalayak yang terlibat dalam acara Opening Ceremony, BTN Santri Developer Kebangsaan Batch 2, yang diselenggarakan di Pesantren KHAS Cirebon.

Opening Ceremony, BTN Santri Developer Kebangsaan Batch 2 ditandai dengan penabuhan rebana bersama-sama. Tampak hadir Dirut Bank BTN, Haru Koesmahargyo, Ketum NU Circle, Gatot Priyo Utomo, perwakilan ulama dan pengusaha lintas agama. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.