Kamis, 2 Mei 24

Vietnam Bongkar Jaringan Penyelundupan Narkoba ‘Tabung Pasta Gigi’

Vietnam Bongkar Jaringan Penyelundupan Narkoba ‘Tabung Pasta Gigi’
* Ilustrasi tabung pasta gigi untuk narkoba. (Getty Images)

Polisi telah menangkap 65 orang karena menyelundupkan 50 kg narkoba – beberapa disembunyikan di tabung pasta gigi – ke Vietnam.

Ini mengikuti penangkapan bulan lalu terhadap empat awak kabin Vietnam Airlines yang ditemukan dengan tabung di dalam tas jinjing setelah penerbangan dari Paris ke Kota Ho Chi Minh, dilansir BBC, Jumat (28/4/2023).

Mereka mengatakan bahwa mereka disewa untuk mengangkut 60 kg pasta gigi tetapi tidak mengetahui bahwa itu adalah ekstasi, ketamin, dan kokain.

Vietnam adalah pusat perdagangan narkoba utama meskipun memiliki beberapa undang-undang narkoba paling keras di dunia.

Sekitar setengah dari 327 tabung pasta gigi yang diangkut pramugari mengandung narkoba. Penyelidik mengatakan para wanita itu tidak mengetahui isinya – mereka saat ini keluar dengan jaminan.

Polisi mengatakan minggu ini bahwa 65 tersangka telah ditangkap setelah mereka menemukan enam pengiriman narkotika yang diselundupkan ke Vietnam melalui rute yang sama.

Diduga mereka diarahkan oleh jaringan penyelundupan yang sama yang mempekerjakan pramugari.

Ke-65 tersangka sedang diselidiki atas berbagai tuduhan, termasuk membeli, menjual, mengangkut, dan menyimpan narkotika, lapor media setempat.

Polisi menduga sindikat yang sama sering menggunakan warga negara Vietnam yang belajar dan tinggal di Prancis untuk membawa narkoba ke negara itu.

Setelah obat-obatan tiba di bandara Vietnam, layanan pengiriman domestik mengirimkannya ke kaki tangan di provinsi Dong Nai yang berbatasan dengan Saigon.

Obat-obatan tersebut kemudian diangkut ke beberapa lokasi untuk didistribusikan.

Pihak berwenang mengatakan jumlah narkoba yang disita melalui jalur udara ke negara itu selama tiga bulan terakhir telah melampaui jumlah narkoba yang diperdagangkan melalui udara dalam lima tahun terakhir digabungkan.

Kota Ho Chi Minh adalah titik transit yang sangat menarik bagi penyelundup karena kedekatannya dengan negara tetangga Kamboja.

Mereka yang dihukum di Vietnam karena memiliki atau menyelundupkan lebih dari 600g heroin atau lebih dari 2,5kg methamphetamine menghadapi hukuman mati. Produksi atau penjualan narkotika ilegal di atas jumlah tertentu juga diancam dengan hukuman mati. (Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.