Kamis, 25 April 24

Usianya 40 Tahun, 37 Jembatan Callender Hamilton di Jawa akan Diganti

Usianya 40 Tahun, 37 Jembatan Callender Hamilton di Jawa akan Diganti
* Jembatan tipe Callender Hamilton. (Foto: FB Kementerian PUPR)

Jakarta, obsessionnews.com
Tahun depan sebanyak 37 unit jembatan tipe Callender Hamilton (CH) di Pulau Jawa akan diganti/duplikasi melalui skema Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Seperti apa jembatan tipe CH itu?

 

Baca juga:

Berkantor Sementara di Lumajang, Khofifah Kunjungi Jembatan Gladak Perak yang Ambruk Akibat Erupsi Gunung Semeru

Warga Desa Gembira Ria Dibuatkan 4 Jembatan oleh Bupati Kebumen

 

 

Dikutip dari akun Facebook Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Selasa (28/12/2021), jembatan CH merupakan jembatan rangka baja hasil inovasi Archibald Milne Hamilton dan yang dinilai sebagai tipe jembatan paling ekonomis pada masanya. Terdapat dua tipe, yaitu through-type (rangka baja berada di atas lantai jembatan) dan deck-type (rangka baja berada di bawah lantai jembatan).

Jembatan CH terdiri dari rangkaian panel-panel rangka batang, di mana tiap panel mempunyai panjang 15 kaki (4,58 m). Panjang jembatan CH yang umum terdiri dari 7-11 panel. Sambungan dilaksanakan dengan menggunakan baut dan mur, sehingga tidak diperlukan pekerjaan pengelasan atau pemotongan di tempat.

Jembatan tipe ini mulai dibangun di Indonesia pada pertengahan ’70-an. Karena usianya sudah mencapai 40 tahun, penggantian dilakukan untuk meningkatkan kualitas jembatan. (red/arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.