Jumat, 19 April 24

Warga Desa Gembira Ria Dibuatkan 4 Jembatan oleh Bupati Kebumen

Warga Desa Gembira Ria Dibuatkan 4 Jembatan oleh Bupati Kebumen
* Pemotongan tumpeng oleh Bupati Kebumen Arif Sugiyanto sebagai tanda diresmikannya Jembatan Merah Putih. (Foto: Humas)

Kebumen, Obsessionnws.com – Dalam rangka Peringatan Hari Bakti Pekerjaan Umum Ke-76 Tahun 2021, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto meresmikan empat jembatan baru di Kebumen, yang dipusatkan di Jembatan Merah Putih sebagai penghubung empat kecamatan, yakni Karanggayam – Karangsambung, Pejagoan, Alian dan dua desa Kaligending-Karangrejo.

Peresmian berlangsung Jumat (3/12/2021). Turut dihadiri oleh jajaran Forkompinda dan tokoh masyarakat. Sekaligus diadakan pemotongan tumpeng, dan tasyakuran bersama oleh warga desa.

Mereka tampak bahagia karena penantiannya bertahun-tahun untuk memimpikan adanya jembatan penghubung di desanya akhirnya terwujud. Sebagai wujud syukur warga dari berbagai desa di Karangsambung dan Karanggayam membuat tumpeng untuk dimakan bersama dalam acara peresmian tersebut.

Acara berlangsung meriah, warga  berduyun-duyun datang ke lokasi untuk menyaksikan peresmian jembatan oleh Bupati.

“Alhamdulillah akhirnya tahun ini sudah dibangun jembatan. Kita mau kemana-mana aksesnya jadi mudah cepat. Nggak kaya dulu harus muter ke utara. Ini berkah akhir tahun, kami senang dan berterima kasih kepada pemerintah yang sudah memperhatikan keinginan warga desa,” ujar Siti Salamah Warga Karangrejo yang ikut dalam peresmian tersebut.

Bupati juga menyampaikan rasa bangga di akhir tahun ini pihaknya bisa merampungkan pekerjaan pembangunan jembatan di wilayah utara. Ini merupakan komitmen pemerintah untuk bisa mengentaskan kemiskinan di Kebumen Utara dengan terus menggenjot pembangunan infrastruktur.

“Pembangunan jembatan ini adalah komitmen kami bagaimana bisa mengentaskan kemiskinan di utara dengan perbaikan infrastruktur baik jalan maupun jembatan. Warga masyarakat bisa lebih mudah melakukan aktivitas ekonomi dengan hadirinya jembatan baru ini,” ujar Bupati disambut tepuk tangan meriah.

Adapun empat jembatan yang diresmikan Bupati, yakni, Jembatan Merah Putih di Desa Kaligending-Karangrejo, Kecamatan Karangsambung-Karangayam, Jembatan Sawangan di Desa Glontor Karanggayam, Jembatan Kesabaran di Desa Kalibening, Kecamatan Karangayam, dan Jembatan Kali Trenggulun di Purwodadi, Kecamatan Kwarasan.

“Saya minta jembatan ini dirawat dan dijaga dengan baik, jangan kemudian masyarakat menggali pasir di area jembatan. Ini jelas akan merusak jembatan sehingga cepat rapuh,” pinta Bupati.

Dengan adanya jembatan Merah Putih dan jembatan lain telah membuka warga Karanggayam yang terisolasi untuk bepergian ke kota Kebumen. “Kalau dulu ke Kebumen harus muter 26 Km, sekarang dengan adanya jembatan ini warga Karanggayam mau ke Kota Kebumen lebih cepat, jaraknya 12 Km, sampai,” jelasnya.

Tak lupa dalam rangka Peringatan Hari Bakti Pekerjaan Umum Ke-76 Tahun 2021, Bupati menyerahkan 40 ribu sertifikat kepada para pekerja yang dilakukan secara simbolik. Termasuk memberikan bantuan 26 mesin traktor untuk para Gapoktan/Poktan.

Kemudian Bupati juga meresmikan gedung bekas Kecamatan Karangsambung sebagai tempat pusat informasi wisata. Wilayah utara juga memiliki banyak potensi wisata, baik itu Geopark, Wisata Bukit, perkebunan, atau agrowisata, embung, waduk dan juga curug atau air terjun.

“Tadi kita juga mengcek didekat Bendungan Kaligending ini ternyata ada sumber air hangat yang keluar dari perut bumi. Ini sama kaya di Krakal. Nah ke depan ini bisa dikembangkan jadi wisata baru. Buat kolam renang hangat. Ini kan belum ada,” tandas Bupati. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.