Jumat, 3 Februari 23

UMKM Summit 2022: Mendag Zulkifli Hasan Dorong Pelaku UMKM Berperan Aktif dalam Industri E-commerce

UMKM Summit 2022: Mendag Zulkifli Hasan Dorong Pelaku UMKM Berperan Aktif dalam Industri E-commerce
* Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan di webinar UMKM Summit 2022 yang diselenggarakan Obsession Media Group (OMG)

Obsessionnews.com – UMKM Summit 2022 kembali hadir dengan tema “UMKM Outlook 2023 (Pasca Covid-19) dan Peluang 2023.”

Webinar yang digelar oleh Obsession Media Group (OMG) ini di antaranya bertujuan agar para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) berdaya saing kuat hingga memperluas pasar ekspor.

 

Baca juga:

Teten Masduki Apresiasi Acara Webinar UMKM SUMMIT 2022

Herman Khaeron Sebut Tema yang Diangkat OMG di Webinar UMKM SUMMIT 2022 Penting untuk Tingkatkan Perekonomian Nasional

 

 

“Para pelaku pasar ekonomi tidak perlu melakukan impor secara berlebihan, tetapi sebaliknya kita mampu mengembangkan ekspor kepada negara-negara lain di dunia,” ujar CEO OMG Usamah Hisyam.

Webinar yang diselenggarakan secara virtual melalui zoom dan Youtube TV OMG pada Sabtu (26/11/2022) ini diisi oleh sejumlah tokoh terkemuka dan narasumber yang kompeten.

Salah satunya adalah Menteri Perdagangan (Mendag) RI Zulkifli Hasan sebagai Keynote Speaker dengan tema “Mendorong UMKM Global Melalui Inovasi, Digitalisasi Hingga Green Business.”

“Saya menyambut baik penyelenggaraan UMKM Summit 2022 untuk memperkuat kolaborasi dan koordinasi berbagai pihak dalam mewujudkan UMKM Indonesia yang lebih kuat dan berdaya saing,” ucap Zulkifli.

UMKM, menurutnya, memegang peran penting dalam menunjang perekonomian Indonesia. Hal ini terlihat pada tangguhnya perekonomian Indonesia meski sempat dihantam pandemi sejak dua tahun yang lalu.

“Namun, kita belum boleh berpuas diri. Tantangan yang akan dihadapi UMKM, bukan hanya tantangan dalam negeri, melainkan juga pasar global di masa mendatang. Untuk itu, saya mendukung UMKM untuk terus kreatif, inovatif, dan responsif terhadap situasi perekonomian global,” lanjutnya.

Sebagaimana diketahui tren digital dan situasi pandemi Covid-19 telah membuat prilaku berbelanja masyarakat banyak mengalami perubahan ke platform e-commerce.

“Untuk itu, saya terus mendorong para pelaku UMKM untuk beradaptasi berperan aktif dalam industri e-commerce dalam memanfaatkan program digitalisasi UMKM dari Kemendag,” kata Zulkifli.

Lebih lanjut, ia membeberkan bahwa target pemerintah diharapkan pada tahun 2024, sejumlah 30 juta UMKM masuk dalam ekosistem digital.

Dalam upaya mendorong UMKM Go Global, menurutnya belum lengkap jika belum membahas juga mengenai Green Economy. Karena saat ini konsumen semakin sadar dan paham dengan isu-isu lingkungan.

“Ekonomi digital, ekonomi hijau adalah dua mega tren yang tengah mengubah arah perkembangan ekonomi di dunia dengan mekanisme pasar baru,” tutur Zulkifli. (Vina/red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.