Kamis, 27 Januari 22

TNI Bersama Rakyat Tanam Bunga Anti Wereng

TNI Bersama Rakyat Tanam Bunga Anti Wereng

Jember – Prajurit TNI dari Koramil 0824/01 Patrang bersama masyarakat tani menanam Refugia antisipasi serangan hama wereng dan perindah lingkungan pada Jumat (30/11/2018) pagi, di sepanjang jalan menuju sawah di lingkungan Rambaan Kelurahan Jemberlor Kec Patrang Kab Jember. Hadir Danramil 0824/01 Patrang Kapten Inf Sumaryono bersama 10 anggotanya, Kepala Peneliti Tanaman Dinas Pertanaman Pangan Kab Jember I Made S, Petugas Penyuluh Lapang (PPL) se Kecamatan Patrang serta masyarakat tani sebakyak 50 orang.

“Penanaman bunga refugia tersebut merupakan bagian dari upaya mensukseskan program ketahanan pangan, karena bunga refugia merupakan bunga warna-warni yang mampu memikat hewan jenis serangga termasuk wereng yang merupakan hama tanaman padi agar tidak menyerang tanaman padi,” kata I Made S.

Disamping untuk memikat hama tanaman bunga warna-warni tersebut nantinya juga akan memperindah lingkungan tersebut sehinggabanisakeberadaannya hendaknya di rawat oleh warha masyarakat sekitarnya.

Komandan Koramil 0824/01 Patrang Kapten Inf Sumaryono mengatakan, kegitan ini sebagai langkah antisipatif dan organik yaitu membasmi hama dengan tanaman bunga sehingga mengurangi pemanfaatan obat kimia dalam pertanian, karena di beberapa wilayah lain sudah ada tanaman padi yang mulai diserang hama wereng.

Di musim tanam padi Oktober 2018 – Maret 2019 ini memang terdapat beberapa
wilayah yang mulai ada tanaman padi yang dirambah oleh hama tanaman khususnya wereng. “Namun karena langkah antisipatif jajaran serta pemangku pertanian lainnya sehingga dapat diatasi dengan baik, sehingga tidak terlalu berdampak pada produksi pertanian,” jelas Danramil. (Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.