Rabu, 25 November 20

Tips Menjaga Diri dari Virus Corona

Tips Menjaga Diri dari Virus Corona
* Ciri khas virus corona adalah menyumbat saluran-saluran pernafasan dengan lendir kental yang mengeras dan memblokir saluran pernafasan dan paru-paru.

Nampaknya, sekarang pihak China sudah mengerti ciri-ciri dari virus Corona (Covid-19) berkat berbagai otopsi yang telah mereka lakukan. Ciri khas virus ini adalah menyumbat saluran-saluran pernafasan dengan lendir kental yang mengeras dan memblokir saluran pernafasan dan paru-paru.

Jadi, sebelum menggunakan obat, harus terlebih dahulu membuka sumbatan saluran pernafasan, agar pengobatan dapat berfungsi maksimal. Namun, ini semua memakan waktu beberapa hari. Berikut ini adalah rekomendasi dari rumah sakit Dr. Negreen Spanyol untuk menjaga diri dari virus corona.

Rekomendasi untuk menjaga diri agar survive adalah:

1. Minum banyak cairan yang panas (kopi, sup, teh, air hangat). Selain itu, menyeruput sedikit air hangat setiap 20 menit, supaya rongga mulut tetap lembab, dan ini juga mengusir semua virus yang telah masuk ke mulut hingga ke perut, di mana ia akan dinetralkan oleh asam di lambung, sehingga tidak bisa sampai ke paru-paru.

2. Berkumur dengan bahan antiseptic dalam air hangat, seperti cuka, garam atau lemon. Kalau bisa lakukanlah ini setiap hari.

3. Virus ini menempel di rambut dan pakaian. Bisa dibunuh oleh deterjen atau sabun, tetapi anda harus langsung mandi/shower setelah setiap pulang dari perjalanan. Jangan duduk dulu tetapi langsung pergi ke kamar mandi. Kalau tidak bisa mencuci pakaian setiap hari, digantung supaya kena sinar matahari, yang juga akan menetralkan virus.

4. Mencuci semua permukaan yang terbuat dari logam dengan baik, karena virus bisa bertahan hingga sembilan hari di situ. Berhati-hati sehingga tidak menyentuh rel pegangan tangan, gagang pintu, dst. Pastikan di rumah benda-benda itu tetap bersih, dibersihkan dan dilap secara teratur.

5. Jangan merokok.

6. Mencuci tangan setiap 20 menit dengan sabun yang berbusa. Lakukan ini selama 20 detik dan mencuci tangan secara menyeluruh.

7. Makan buah-buahan dan sayuran. Coba menaikkan jumlah zat besi, bukan hanya sekedar vitamin C.

8. Hewan tidak menyebarkan virus ini kepada manusia. Hanya ada transmisi antar manusia.

9. Menghindari terkena flu. Ini bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh. Menghindari makanan atau minuman dingin.

10. Apabila anda mengalami rasa tidak nyaman dalam tenggorokan, atau merasa tanda-tanda akan sakit tenggorokan, langsung dilawan dengan metode-metode di atas. Virus ini biasa masuk ke dalam sistem tubuh melalui mulut, dan bertahan di tenggorokan selama 3 atau 4 hari sebelum pindah ke paru-paru. (*)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.