Jumat, 3 Mei 24

Tingkatkan Layanan Kesehatan, Pemkab Kebumen Bangun Labkesda

Tingkatkan Layanan Kesehatan, Pemkab Kebumen Bangun Labkesda
* Gedung Labkesda Kebumen.

Obsessionnews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen, Jawa Tengah, tengah membangun Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) pada tahun ini. Lokasinya di jalan HM. Sarbini Kebumen. Anggaran yang disiapkan sebesar Rp6,5 miliar dari Dana Alokasi Umum dan Dana Alokasi Khusus tahun 2023.

Kepala Dinas Kesehatan dr Iwan Danardono mengatakan, pembangunan Labkesda ini sesuai dengan instruksi dari Pemerintah Pusat agar masing-masing daerah memiliki Labkesda. Sedangkan Kabupaten Kebumen hingga saat ini belum memiliki fasilitas tersebut yang representatif.

“Sebenarnya sudah ada lab, tapi gedungnya belum sesuai standar, sehingga kita bangun yang baru di Jalar HM Sarbini,” kata Iwan dalam keterangannya, Rabu (15/11).

Saat ini pembangunan Labkesda sudah mencapai 85 persen. Dia menargetkan pada awal Desember 2023 Labkesda yang baru sudah bisa diresmikan.

“Sekarang masih proses pembangunan dan mudah-mudahan semua berjalan dengan lancar,” kata Iwan.

Menurutnya, Labkesda yang baru fasilitasnya lebih lengkap dari sebelumnya. Di sini nanti tersedia Laboratorium Biosafenty Level 1 dan Level 2, yaitu sebuah laboratorium yang digunakan untuk menguji mikro-organisme dari penyebab suatu penyakit.

Lebih lanjut Iwan mengatakan, isu kesehatan menjadi salah satu program strategis yang dilaksanakan pada tahun 2023. Menurut dia, Pemkab Kebumen berkomitmen untuk terus berupaya meningkatkan kualitas kesehatan kepada masyarakat.

Bukti komitmen itu antara lain dengan kepesertaan BPJS Kesehatan yang sudah mencapai Universal Health Coverage (UHC). Selain itu, pihaknya juga sudah menyiapkan program strategis guna memperkuat layanan kesehatan.

Selanjutnya, sesuai dengan arahan Pemerintah Pusat, pihaknya akan meningkatkan pelayanan kesehatan untuk penyakit kanker, jantung, stroke, dan kelainan ginjal di RSUD.

“Bentuknya bisa pelatihan untuk peningkatan SDM, dari petugas kesehatan, kemudian penambahan alat kateterisasi jantung, serta membuka layanan kanker di RSDS,” tukasnya.

Ia menambahkan, peningkatan infrastruktur kesehatan tidak hanya membangun Labkesda. Pasalnya, Pemkab Kebumen di tahun ini juga membangun sejumlah Puskesmas. (Al) 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.