Jumat, 26 April 24

Tiga Kader HMI Terpental dari Kabinet Kerja

Tiga Kader HMI Terpental dari Kabinet Kerja
* Ferry Mursidan Baldan.

Jakarta, Obsessionnews.com – Tiga  kader  Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) terpental dari Kabinet Kerja , yakni Ferry Mursidan Baldan, Anies Baswedan, dan Yuddy Chrisnandy. Ferry tergusur dari posisinya sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional. Politisi Partai NasDem ini digantikan oleh Sofyan Djalil, yang sebelumnya menduduki Kepala Bappenas.

Sementara itu Anies harus melepas jabatannya sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Ia digantikan oleh Prof. Muhajir, mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang.

Sedangkan Yuddy tersingkir dari jabatannya sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Politisi Partai Hanura ini digantikan oleh politisi PAN Asman Abnur.

Reshuffle atau perombakan kabinet jilid II yang diumumkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Rabu (27/7/2016). Selain mengganti Ferry, Anies, dan Yuddy, Jokowi juga mengganti 10 menteri.

Inilah daftar 13 menteri yang akan dilantik hari ini pukul 13.30 WIB:

  1. Budi Karya Sumadi

Direktur Utama Angkasa Pura II ini menjadi Menteri Perhubungan menggantikan Ignasius Jonan.

  1. Archandra Tahar

Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB)  ini dipercaya menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), menggantikan Sudirman Said. Archandra salah satu pengusul off shore blok Masel. Dia juga memiliki firma di Amerika Serikat.

  1. Airlangga Hartanto

Gagal menjadi Ketua Umum Partai Golkar pada Mei 2016 lalu tidak membuat Airlangga Hartanto berkecil hati. Dan ia masih terus bertahan di partai berlambang pohon beringin ini. Airlangga memperoleh jabatan sebagai Menteri Perindustrian, menggantikan Saleh Husin. Airangga dalah representasi dari golkar yang menyatakan dukungannya kepada pemerintah.

  1. Prof. Muhajir

Prof. Muhajir adalah mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang. Presiden Jokowi memberikan kepercayaan kepada Muhajir untuk menjabat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menggantikan Anies Baswedan.

Anies-Baswedan-Debat-Konvensi-Ambon-1
Anies Baswedan.
  1. Eko Putro Sanjoyo

Eko Putro Sanjoyo adalah politisi (PKB). Dia menggantikan posisi rekan sesama partainya, Marwan Jafar yang dicopot dari jabatan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal, Desa, dan Transmigrasi.

  1. Asman Abnur

Politisi PAN ini akan dilantik sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, menggantikan Yuddy Chrisnandi. Penunjukan Asman sebagai menteri ini karena sebelumnya PAN menyatakan dukungan kepada pemerintah.

index3
Yuddy Chrisnandi.
  1. Sri Mulyani Indrawati

Sri Mulyani adalah Menteri Keuangan di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tahun 2005 – 2008. Kemudian menjadi Direktur Pelaksana Bank Dunia. Kini dia mendapat amanah dari Presiden Jokowi sebagai Menteri Keuangan, menggantikan Bambang Brodjonegoro.

  1. Enggartiasto Lukita

Politisi Partai Nasdem ini memperoleh kepercayaan dari Presiden Jokowi untuk menjadi Menteri Perdagangan, menggantikan Thomas Lembong yang digeser menjadi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

  1. Wiranto

Wiranto kembali menjadi menteri. Presiden Jokowi menunjuknya menjadi Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), menggantikan Luhut Binar Pandjaitan. Ketua Umum Partai Hanura ini sebelumnya menjadi Menko Polkam di era Presiden Abdurrahman wahid atau Gus Dur (1999 – 2001)

  1. Sofyan Djalil

Sofyan melepas jabatannya sebagai Kepala Bappenas. Ia mendapat tugas baru sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional. Dia menggantikan Ferry Mursidan Baldan.

  1. Thomas Lembong

Tom Lembong meninggalkan posisinya sebagai Menteri Perdagangan. Dia memperoleh jabatan baru sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), menggantikan Franky Sibarani.

  1. Franky Sibarani

Kepala BKPM  ini kini diangkat menjadi Wakil Menteri Perindustrian.

  1. Luhut Binsar Pandjaitan

Luhut melepas jabatannya sebagai Menko Polhukam. Luhut menempati pos barunya sebagai Menteri Koordinator Kemaritiman, menggantikan Rizal Ramli.

Sebelumnya pada Agustus 2015 Jokowi melakukan reshuffle kabinet jilid I. (arh)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.