Jumat, 10 Mei 24

Target 2027, Kampung Berseri Astra Pekayon Jadi Kampung Wisata Lingkungan Tingkat Nasional

Target 2027, Kampung Berseri Astra Pekayon Jadi Kampung Wisata Lingkungan Tingkat Nasional
* Workshop Lingkungan Astra 2023, Sambangi Kampung Berseri Astra Pekayon, Kamis (23/11/2023). (Foto: Arfi/Obsessionnews.com)

Obsessionnews.com – Kegiatan Workshop Lingkungan Astra 2023 baru saja selesai digelar pada Kamis (23/11/2023), di Kampung Berseri Astra (KBA) Pekayon, Bekasi. Bersamaan dengan acara tersebut, masyarakat yang diwakili oleh Eko Purwanto selaku Ketua KBA menyampaikan harapan mulia untuk menjadikan kampungnya sebagai Kampung Wisata Lingkungan pada 2027 mendatang.

Baca juga: Kampung Berseri Astra, Wujud Nyata Kepedulian Astra Terhadap Lingkungan Hidup

Untuk diketahui, KBA Pekayon sendiri adalah sebuah wilayah perkampungan kota di daerah Bekasi, Jawa Barat, yang berupa perumahan dengan berbagai aktivitas peduli lingkungan oleh warga. Kawasan itu didiami oleh sekitar 3.300 jiwa di wilayah seluas 17 hektar, yang sejak kurang lebih 10 tahun lalu berkolaborasi dengan Astra, untuk menjaga lingkungan dalam rangka mitigasi dampak perubahan iklim.

“Gerakan peduli terhadap kelestarian lingkungan di kampung ini sudah ada sejak tahun 2013. Kala itu, sekelompok ibu memulai gerakan untuk menjaga keindahan dan kerapian lingkungan,” kata Eko, dalam sambutannya di acara tersebut.

Eko menambahkan bahwa KBA Pekayon sendiri memiliki unit khusus yang berfokus untuk memitigasi perubahan iklim. Selama tiga tahun berturut-turut yaitu mulai tahun 2018, KBA Pekayon mendapatkan predikat sebagai ProKlim Utama dan menggapai puncak tertinggi ProKlim Lestari pada tahun 2022..

KBA Pekayon yang mendapatkan dukungan penuh dari PT Astra International Tbk (Astra), memiliki ragam kegiatan pemberdayaan masyarakat dan pelestarian lingkungan hidup, di antaranya produksi batik eco-print, jamu rumahan, camilan sehat, kreasi kain perca, dan eco-enzime. Semua kegiatan tersebut dilakukan secara bergotong-royong oleh warga dari waktu ke waktu.

Agar kegiatan peduli lingkungan ini berjalan secara berkelanjutan, kampung binaan Astra ini pun mulai berupaya  menjadi pusat pelatihan berbagai pihak yang mempunyai program peningkatan kualitas lingkungan untuk wilayah permukiman kota. Oleh karena itu setiap bagian dari KBA Pekayon bersinergi membangun fasilitas dan meningkatkan kualitas infrastruktur sehingga layak untuk dikunjungi sebagai sarana informasi dan edukasi wisata lingkungan.

“Kami berharap kerjasama ini (Astra dan KBA Pekayon) berkelanjutan, baik dalam pengembangan arah kegiatan ke masa depan maupun impian kami membangun Kampung Wisata Edukasi Lingkungan Hidup 2027. Mudah-mudahan pendampingan berbagai program, bantuan, sarana dan prasaran juga semakin diperkuat,” tutup Eko. (Arfi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.