Kamis, 2 Mei 24

Tambah Sanksi, AS Bekukan Bank Sentral Rusia

Tambah Sanksi, AS Bekukan Bank Sentral Rusia
* Joe Biden bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr di Washington. (AP/CNBC)

Akhirnya Pemerintah Amerika Serikat (AS) di bawah kepemimpinan Presiden Joe Biden pada Senin (28/2/2022), mengumumkan bahwa mereka menerapkan sanksi tambahan terhadap bank sentral Rusia.

Sanksi ini bakal berdampak pada bank tersebut yang tidak dapat melakukan bisnis apa pun dengan warga Amerika, serta membekukan aset mereka di AS.

Tidak hanya bank sentral Rusia, langkah-langkah baru ini juga direncanakan akan menargetkan Dana Kekayaan Nasional Federasi Rusia dan Kementerian Keuangan Federasi Rusia.

Hal ini terjadi setelah AS, UE, Inggris, dan Kanada sebelumnya telah mengumumkan bahwa mereka akan membatasi kemampuan Rusia untuk menggunakan cadangan bank sentralnya.

Mereka sepakat untuk menghapus bank-bank utama Rusia dari sistem pesan antar bank, Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication (SWIFT), sebuah langkah luar biasa yang akan memisahkan negara itu dari sebagian besar sistem keuangan global.

Hal tersebut jelas akan membuat bank-bank Rusia tidak akan dapat berkomunikasi secara aman dengan bank-bank di luar perbatasannya.

“Kami ingin melakukan tindakan ini sebelum pasar kami dibuka karena apa yang kami pelajari selama akhir pekan dari sekutu dan mitra kami adalah Bank Sentral Rusia berusaha untuk memindahkan aset dan akan ada banyak aset yang lari mulai hari ini. Senin pagi dari institusi di seluruh dunia,” kata salah satu staff pejabat senior Biden dikutip dari CNBC internasional, Senin (28/2/2022).

“Strategi kami secara sederhana adalah memastikan bahwa ekonomi Rusia mundur. Selama Presiden Putin memutuskan untuk melanjutkan invasinya ke Ukraina,” tambah pejabat itu.

Lebih lanjut, AS juga akan menambahkan Kirill Dmitriev, sekutu lain Presiden Rusia Vladimir Putin, ke dalam daftar sanksi serta dana investasi langsung yang dipimpin Dmitriev. (CNBCIndonesia/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.