Kamis, 22 Agustus 19

Tak Ada Server KPU di Luar Negeri

Tak Ada Server KPU di Luar Negeri
* Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU). (foto: solider.com)

Jakarta, Obsessionnews.com Sebuah video sedang viral di media sosial tentang server milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Singapura yang memenangkan pasangan calon tertentu pada Pemilu 2019.

Dalam video yang diunggah salah satu akun ini, terlihat seorang laki-laki berbicara menggunakan mikrofon dan menyatakan bahwa KPU sengaja memenangkan pasangan calon presiden-calon wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

 

Baca juga:

KPU Penyebab DPT Bermasalah, Bukan Dukcapil

KPU Garansi Tak Ada Kecurangan di TPS Arab Saudi

FOTO KPU Gelar Debat Capres

 

Atas viralnya video tersebut membuat KPU angkat bicara. KPU menyatakan, kabar beredarnya server milik KPU yang bocor itu tidak benar.

“Intinya tidak ada server KPU di luar negeri, semua di dalam negeri,” ujar Komisioner KPU Hasyim Asy’ari kepada wartawan di kantornya, Jakarta Pusat, Kamis (4/4/2019).

Dia membenarkan telah menerima kabar miring tersebut melalui pesan berantai di media sosial. Menurutnya, pesan tersebut dibuat oleh orang tak bertanggung jawab.

“KPU dituding menyeting memenangkan calon tertentu. Secara substansi ada beberapa hal yang kemudian tuduhannya mengarah ke KPU,” katanya.

Menurutnya, proses perhitungan suara dilakukan secara manual, mulai dari TPS sampai tingkat nasional. Hasil perhitungan suara tersebut dituangkan ke formulir C1. “Selanjutnya diunggah di website KPU,” beber Hasyim.

Hasil perhitungan akan diketahui oleh saksi, Panwas TPS, warga pemilih, pemantau, dan masyarakat umum. Proses tersebut, kata Hasyim, boleh didokumentasikan.

“Dengan demikian tidak benar tuduhan bahwa KPU sudah men-setting perolehan capres melalui sistem IT,” tegasnya. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.