Minggu, 24 Maret 19

Tagar #LampungBangkitBersamaJokowi Jadi ‘Trending Topic’ di Twitter

Tagar #LampungBangkitBersamaJokowi Jadi ‘Trending Topic’ di Twitter
* Presiden Jokowi berdialog dengan warga terdampak tsunami Selat Sunda di Desa Way Muli, Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan, Lampung, Rabu (2/1/2019) siang. (Foto: Setpres)

Jakarta, Obsessionnews.com – Kabupaten Lampung Tengah di Provinsi Lampung salah satu daerah yang terdampak bencana tsunami Selat Sunda pada Sabtu (22/12/2018) malam. Daerah lainnya yang diterjang tsunami adalah Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi para korban tsunami di Lampung Selatan, yakni di Desa Way Muli, Kecamatan Rajabasa, dan Kecamatan Kalianda, Rabu (2/1/2019) siang.

Berita kunjungan Jokowi ke Lampung itu menjadi trending topic di Twitter wilayah Indonesia dengan tagar #LampungBangkitBersamaJokowi.

 

Baca juga:

Jokowi Perintahkan Bangun Rumah Untuk Korban Tsunami Selat Sunda di Lampung Selatan  

Kemenperin Bantu Korban Tsunami Selat Sunda

FOTO Unsoed Peduli Tsunami Selat Sunda

FOTO Kondisi Desa Sumberjaya Pasca Tsunami Selat Sunda

FOTO Relawan Baguna PDI-P Bantu Korban Tsunami Selat Sunda di Pandeglang

Brisyariah Salurkan Bantuan kepada Korban Tsunami Selat Sunda

 

Jokowi meninjau bangunan yang terdampak tsunami Selat Sunda di Desa Way Muli. Dalam kesempatan itu Jokowi memerintahkan jajaran pemerintah untuk melakukan penanganan pasca bencana tsunami dengan baik.

“Saya sudah sampaikan ke Bupati Lampung Selatan, Gubernur, Menteri PUPR, dan ke BNPB agar segera dilakukan penanganan, terutama setelah evakuasi selesai,” katanya kepada wartawan.

Sementara terkait permintaan warga yang terkena dampak tsunami agar rumah mereka segera dibangun, Jokowi akan segera melakukannya.

“Kita akan masuk ke situ, ke tahap rekonstruksi dan pembangunan. Tidak ada hunian sementara (huntara). Jadi, langsung akan dibangun rumah, direlokasi karena di sini memang sangat rawan tsunami,” tegasnya.

Menurutnya, lokasi rumah yang akan dibangun untuk warga terdampak tsunami berada sekitar 400 meter dari lokasi yang dihuni warga saat ini. Ia menyebutkan, ada tanah 2 hektar di sana.

Kisah Bocah Korban Tsunami yang Selamat

Dalam rangkaian kunjungannya ke Lampung Selatan, Jokowi juga menjenguk pasien terdampak tsunami Selat Sunda yang sedang dirawat di RSUD dr. H. Bob Bazar, di Kecamatan Kalianda.

Tiba pukul 12.45 WIB, Jokowi langsung menuju ruang rawat pasien korban tsunami. Di antaranya ia  bertemu dengan Sarnama, seorang ibu yang tengah dirawat bersama putranya, Yudi 6 tahun.

Presiden Jokowi mengunjungi korban terdampak tsunami yang dirawat di RSUD dr. H. Bob Bazar, di Kalianda, Lampung Selatan, Rabu (2/1/2019) siang. (Foto: Setpres)

Dalam kesempatan itu Sarnama menceritakan kepada Jokowi bagaimana Yudi bisa selamar dari gelombang tsunami yang menerjang Lampung Selatan pada Sabtu, 22 Desember 2018 lalu.

 

Baca juga:

Pasca Tsunami Selat Sunda, Kondisi Listrik Pulih 95%

Foto SAR Korban Tsunami Selat Sunda Temukan Satu Mayat Korban

Dunia Berduka Atas Bencana Tsunami Selat Sunda

Jokowi Sampaikan Duka Cita untuk Korban Tsunami Selat Sunda

 

Ia mengisahkan, saat terjadi tsunami sekitar pukul 22.00 WIB, Yudi sempat hilang dan baru diketemukan esok harinya (Minggu, 23 Desember) sekitar pukul 08.00 WIB.

“Yudi ditemukan saat berpegangan pada kayu. Sedangkan dua saudaranya, Ade Purnama (a7) dan Khalifah (1) meninggal dunia,”ucap Sarnama.

Dalam kunjungan tersebut Jokowi didampingi oleh Menko Polhukam Wiranto, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Gubernur Lampung Ridho Ricardo. (red/arh)

 

Baca juga:

Selat Sunda Masih Berpotensi Tsunami

Belum Pasti Penyebabnya, Tsunami di Selat Sunda Peristiwa Langka

Semua Alat Deteksi Tsunami Tak Ada yang Aktif

Melacak Aktivitas Gunung Anak Krakatau Sampai Akhirnya Tsunami

Tak Ada Alat Deteksi Dini Tsunami Berujung Korban Jiwa

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.