Jumat, 26 April 24

Siapa yang Makan Uang Newmont Triliunan?

Siapa yang Makan Uang Newmont Triliunan?
* Newmont.

Jakarta – Kontrak Karya Newmont Nusa Tenggara dengan Pemerintah Indonesia menyepakati divestasi 51% saham setelah 10 tahun beroperasi. Saham yang didivestasi jatuh ke tangan swasta yaitu Bumi Resoucess. Pemda NTB cuma mendapatkan 6 % saham.

Setahun lalu saham Newmont 82% telah dibeli oleh Arifin Panigoro (Medco), saham Pemda NTB yang 6 persen ikut dilepas oleh Gubernur NTB.

“Anehnya, hingga saat ini Pemda NTB belum terima sepeser pun. Lalu siapa yang makan?
Nilai 6 persen ini diperkirakan Rp 2.100.000.000.000 (2,1 triliun rupiah). Divestasi ini penuh dengan skandal dan sangat tidak transparan,” ungkap M. Hatta Taliwang, Direktur Institut Soekarno-Hatta, dalam rilisnya (ISH), Minggu (28/1/2018).

Oleh karenanya, tegasnya, ISH merasa perlu menyelenggarakan diskusi publik demi tranpransi dan demi hak rakyat NTB. Yang akan digelar pada Selasa, 6 Februari 2018 pukul 13.30 WIB, di Hotel IBIS BUDGET Jl. HIOS Tjokroaminoto Jakarta Pusat.

Diskusi yang bertema “Tranparansi Divestasi Newmont Nusa Tenggara” ini akan menampilkan nara sumber: Menteri ESDM, Gubernur NTB, Effendi Simbolon (Komisi VII DPR RI), Ketua DPRD NTB, Marwan Batubara ( IRESS), Salamuddin Daeng (AEPI Jakarta), Poetra Adi Soerjo (Analis Pertambangan NTB), dengan Keynote Speaker Fahri Hamzah (Wakil Ketua DPR asal NTB) dan Moderator Hatta Taliwang. (Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.