Selasa, 18 Januari 22

Server Aplikasi ‘Siap PMJ’ Polda Masih Dibantu CNN

Server Aplikasi ‘Siap PMJ’ Polda Masih Dibantu CNN

Jakarta, Obsessionnews.com – Polda Metro Jaya dengan dibantu oleh Corporate Social Responsibility (CSR) segera meluncurkan aplikasi ‘Siap PMJ’ yang mana aplikasi tersebut mempermudah masyarakat untuk meminta bantuan atau membuat laporan kepada Polisi kala ada peristiwa.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Moechgiyarto mengungkapkan, aplikasi ini nantinya akan dapat diunduh di ponsel yang berbasis sistem operasi android di Google Playstore. Namun, untuk server aplikasi tersebut Polda masih dibantu oleh CNN.

“Yang membangun command center itu yang perlu CSR, karena itu perlu beberapa server dan sementara ini servernya dibantu CNN,” ujar Moechgiyarto di Jakarta, Rabu (21/9/2016).

Dia menjelaskan, dalam aplikasi ini, akan ada beberapa fitur yang dapat digunakan oleh para pelapor. Seperti fitur tombol ‘Lapor’yang dapat digunakan untuk mengirim laporannya dalam bentuk tertulis, foto dan video yang berdurasi maksimal 10 detik.

Laporan yang dibuat akan masuk kecommand center yang ada di Polda Metro Jaya. Selanjutnya, laporan tersebut akan di respons dengan anggota yang ada di lapangan atau hanya ditanggapi cukup dengan aplikasi.

Lalu ada fitur tombol lokasi pos polisi. Tombol ini mempunyai fungsi ketika dalam keadaan darurat untuk dapat mengetahui keberadaan anggota polisi atau pos polisi terdekat. Selanjutnya, aplikasi ini juga terdapat fitur tombol ‘Alarm’.

Fitur ini berfungsi untuk mengaktifkan secara otomatis suara high frequency pada ponsel pengguna, sehingga dapat menarik perhatian orang yang berada di sekitar.

Kemudian juga ada fitur SOS yang berfungsi untuk mengaktifkan kondisi atau keadaan darurat di mana pengguna memerlukan pertolongan dengan segera dari pihak kepolisian. Laporan yang dikirim akan dikonfirmasi melalui telepon dari command center ke pengguna.

Moechgiyarto menjelaskan, setelah masyarakat membuat laporan, maka akan menerima feedback bahwa laporan yang dikirim sudah ditanggapi. Kemudian, setelah laporan tersebut telah teratasi oleh polisi yang mendatangi TKP maka pelapor juga akan diberikan feedback. (Purnomo)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.