Rabu, 1 Mei 24

Sejumlah Faktor Pemicu Penyakit Asma Kambuh

Sejumlah Faktor Pemicu Penyakit Asma Kambuh
* Ilsutrasi Asma (Foto: Istimewa)

Obsessionnews — Asma merupakan salah satu gangguan paru-paru yang menyebabkan saluran udara menyempit sehingga kesulitan untuk bernapas. Penyebab asma bisa dipicu karena faktor internal dan eksternal.

Dirangkum Halodoc, berikut ini adalah faktor yang dapat memicu asma:

1. Lingkungan

Lingkungan sekitar bisa menjadi salah satu faktor penyebab asma. Hal ini karena di dalam lingkungan ada polutan yang bisa menyebabkan saluran pernapasan terganggu.

Sehingga terjadi penyempitan dan sesak napas. Beberapa hal dari lingkungan yang bisa menjadi penyebab asma adalah alergi terhadap debu, serbuk bunga, tungau, bulu hewan, polusi udara, dan lainnya.

2. Stres

Stres bukan hanya berdampak pada psikis, tetapi juga akan memengaruhi kesehatan tubuh. Salah satunya bisa menjadi faktor penyebab asma.

3. Pengaruh obat-obatan

Faktor penyebab asma lainnya adalah adanya pengaruh dari obat-obatan tertentu. Contohnya, obat penghambat beta yang biasanya diberikan pada pengidap hipertensi atau gangguan jantung.

Di samping itu, obat pereda nyeri antiinflamasi nonsteroid. Seperti aspirin, naproxen, dan ibuprofen juga bisa memicu kekambuhan asma.

4. Makanan atau minuman yang mengandung sulfit

Makanan atau minuman yang mengandung sulfit atau bahan pengawet. Contohnya seperti selai, makanan olahan, makanan siap saji, udang, minuman kemasan sari buah, wine, dan minuman beralkohol.

5.  Penyakit refluks gastroesofageal  (GERD)

Penyakit asam lambung atau GERD atau penyakit yang disebabkan naiknya asam lambung kembali ke kerongkongan. Kondisi ini bisa menyebabkan iritasi saluran cerna bagian atas.

6.  Emosi berlebihan

Faktor lainnya yang dapat menyebabkan penyakit asma, yaitu emosi yang berlebihan. Seperti marah berlebihan, tertawa terbahak-bahak, dan kesedihan yang berlarut-larut.

Tidak hanya memengaruhi psikis seseorang, tapi juga bisa menjadi pemicu asma. Oleh karena itu, jangan sampai kita emosi yang berlebihan.

7. Obesitas

Anak-anak dan orang dewasa yang mengidap obesitas kemungkinan besar akan mengalami asma. Hal ini karena peradangan dalam tubuh yang terjadi akibat kelebihan berat badan.  (HAS)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.