Kamis, 5 Agustus 21

RUU Cipta Kerja Beri Karpet Merah Buat Investasi di Daerah

RUU Cipta Kerja Beri Karpet Merah Buat Investasi di Daerah
* Ketua Umum Apkasi  Abdullah Azwar Anas. (Foto: Instagram Apkasi)

Jakarta, Obsessionnews.comAsosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) menggelar Webinar Omnibus Law yang bertemakan ‘RUU Cipta Kerja Klaster Perijinan dan Investasi Daerah’ pada Rabu (17/6/2020).

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum Apkasi  Abdullah Azwar Anas mengatakan, diskusi webinar kali ini membicarakan bagaimana pertumbuhan ekonomi pasca Covid-19 ini dapat menggeliat dengan baik. Pasalnya hari-hari ini banyak keluhan yang sangat panjang terkait turunnya investasi-ivestasi di daerah.

Dia mengungkapkan, pasca Covid-19 ini melumpuhkan pertumbuhan ekonomi di seluruh dunia, bahkan di daerah-daerah mengalami penurunan yang sangat signifikan.

“Pasca covid ini tentu harus ada trobosan-terobosan baru, agar investasi ini bisa tumbuh kembali, sehingga lapangan pekerjaan bisa dipercepat. Kalau tidak ada lapangan pekerjaan baru tentu akan menjadi beban,” ujar Azwar dalam sambutannya di Webinar Omnibus Law.

Baca juga: Sambut New Normal, Ketum Apkasi Ajak Pemerintah Daerah Biasakan Hidup Bersih

Selain itu, di pasca Covid-19 ini produktifitas yang selama ini tumbuh kemudian landai dan turun kembali, dengan adanya RUU Cipta Kerja ini menjadi relevan buat investasi. Tentu ke depan harus ada langkah-langkah baru, terutama di sektor-sektor yang terhambat soal perijinan dan investasi di daerah dalam membuka sebuah lahan.

Menurut Bupati Banyuwangi itu, pengurusan lahan di Indonesia sama prosesnya dengan orang yang akan membuat pabrik. “Kita mengurus lahan, perlu waktu yang sangat panjang. Sementara di Vietnam, kita mengurus lahan pabriknya sudah jadi. Nah hal-hal semacam ini menjadi tantangan bagi kita semua,” ungkap Azwar.

Oleh karena itu, mudah-mudahan dengan adanya Webinar Omnibus Law RUU Cipta Kerja Klaster Perijinan dan Investasi Daerah ini dapat memberikan pemahaman bagi kepala daerah sola perijinan tersebut.

“Dengan adanya Rieke Diah Pitaloka dan para nara sumber dapat memberikan pemahaman dan pengetahuan buat saya dan untuk kita semua terkait RUU Cipta Kerja ini,” ucapnya.

Sebab banyak daerah-daerah yang mengalami devisit yang cukup berat. Mudah-mudahan dengan adanya RUU Cipta Kerja ini ada harapan baru. “Karena ada komitmen dari negara dan kita semua akan memberikan karpet merah kepada investasi di satu sisi, ada lapangan kerja yang tumbuh di sisi yang lain.

Dia mengatakan, mudah-mudahan webinar pada hari ini memberikan optimisme baru, semangat baru, sekaligus pemehaman yang komperhensif terkait dengan RUU Cipta Kerja. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.