Sabtu, 18 Mei 24

RI-Hongaria Wujudkan Tiga Kesepakatan Kerjasama

RI-Hongaria Wujudkan Tiga Kesepakatan Kerjasama
* Presiden Jokowi dan PM Hongaria Viktor Orban.

Jakarta, Obsessionnews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral bersama Perdana Menteri (PM) Hongaria Viktor Orban di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (1/2/2016). Dalam pertemuan bilateral itu sejumlah hal dibahas dan akan segera dikerjasamakan.

Ada tiga kesepakatan kerjasama yang berhasil diwujudkan. Pertama, kerjasama di bidang pengelolaan air. Kerjasama kedua adalah di bidang energi baru terbarukan dengan fokus pada solar energi dan terakhir, kerjasama di bidang IT dan digital ekonomi.

“Saya ingin ke depan kerjasama akan semakin kokoh,” kata Presiden dalam pernyataan pers bersama.

Presiden Jokowi menyampaikan bahwa pertemuan dengan PM Orban dilakukan dengan sangat terbuka dan produktif. Presiden Jokowi menghargai komitmen Hongaria untuk meningkatkan hubungan bilateral dengan Indonesia.

Sebelum menyampaikan Pernyataan pers bersama, Presiden Jokowi dan PM Orban menyaksikan penandatangan kerjasama antara Menteri Kelautan dan Perikanan RI dengan Menteri Pertanian Hongaria dalam bidang perikanan dan akuakultur; serta antara Menteri Ristek dan Dikti RI dengan Menteri Pemberdayaan Manusia Hongaria dalam Program Pertukaran Pendidikan Tinggi.

Dalam delegasi PM Orban ini, turut serta hampir seluruh anggota kabinet dan 50 pengusaha. Presiden Jokowi menyampaikan bahwa kunjungan PM Orban merupakan kehormatan bagi Indonesia untuk menerima PM Orban dan delegasi ke Indonesia.

“Hal ini menunjukkan komitmen Hongaria untuk memperkokoh hubungan dengan Indonesia,” tambah Jokowi.

Sebelumnya Presiden Jokowi menerima Kunjungan Kenegaraan PM Hongaria Viktor Orban. Upacara penyambutan resmi PM Hongaria dilaksanakan di Istana Merdeka, Jakarta. Dalam upacara itu, Presiden didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Upacara penyambutan dilanjutkan dengan foto bersama dan penandatanganan buku tamu di Ruang Kredensial Istana Merdeka Jakarta. Selanjutnya, Presiden mengajak PM Orban memasuki Ruang Jepara untuk melangsungkan pertemuan empat mata. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.