Sabtu, 13 Agustus 22

Rektor UKI Dr. Dhaniswara K. Harjono: Fakultas Vokasi Hasilkan SDM Siap Tempur

Rektor UKI Dr. Dhaniswara K. Harjono: Fakultas Vokasi Hasilkan SDM Siap Tempur
* Rektor Universitas Kristen Indonesia (UKI) Dr. Dhaniswara K. Harjono. (Foto: Edwin B/OMG)

Obsessionnews.com – Universitas Kristen Indonesia (UKI), Jakarta, menggelar konferensi pers Syukuran Launching Program Studi Fisioterapi Sarjana Terapan dan Program Studi Analis Keuangan Sarjana Terapan Fakultas Vokasi di Gedung AB lantai 3 UKI, Rabu (20/4/2022) pagi. Konferensi pers ini dihadiri Rektor UKI Dr. Dhaniswara K. Harjono, Dekan Fakultas Vokasi Maksimus Bisa Lado Purab, Ketua Prodi Fisioterapi Lucky Anggiat, dan Ketua Prodi Analis Keuangan Fery Tobing.

 

Baca juga:

Canangkan Berkolaborasi untuk UKI Unggul !! Dr. Dhaniswara K. Harjono Kembali Jabat Rektor UKI Masa Bakti 2022-2026

Selamat! Dr. Dhaniswara K. Harjono, S.H., M.H., MBA Kembali Duduki Kursi Rektor UKI

Dhaniswara K. Harjono: Teknologi Digital Bisa Menjadi Solusi Menyiasati Ancaman Covid-19

 

 

Dalam kesempatan itu wartawan mengajukan beberapa pertanyaan yang kemudian di jawab oleh Dhaniswara.

Wartawan:  Apakah Program Sarjana Terapan Kampus Merdeka yang dilakukan UKI ini sudah sesuai dengan program Merdeka Belajar yang dicanangkan oleh Kemendikbudristek RI?

Dhaniswara: Sejak awal, mungkin dimulai dari tahun 2018, Presiden Republik Indonesia sudah menyarankan agar dunia pendidikan mulai melihat untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat di bidang vokasi sehingga kita melahirkan Fakultas Vokasi UKI dengan empat program studinya. Nah,  sekarang ini kita sudah terjun kepada Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Dan tentunya kita semakin melengkapi SDM yang ada. Jadi yang memang kita harapkan karena ini adalah fakultas vokasi, maka tentunya adalah SDM yang dihasilkan adalah SDM siap tempur. Siapakah mereka yang siap tempur? Yah, mereka yang memiliki semangat. Dan kali ini kita berhasil menghadirkan sarjana terapan di Fakultas Vokasi Universitas  Kristen Indonesia. Ini semua kita lakukan karena kita tahu untuk bisa antisipasi apa sih yang dibutuhkan oleh bangsa ini ke depannya. Jadi SDM-SDM unggul seperti apa yang kita hasilkan.

Kita di pagi hari ini bersyukur dan bersuka cita karena bersama kita akan hadiri acara dalam launching dua program studi sarjana terapan, yakni Program Studi Fisioterapi, dan  Program Studi Analis Keuangan.

Wartawan: Untuk saat ini bagaimana kesiapan lulusan dari kedua program studi dengan adanya perkembangan zaman, dunia industri serta tantangan dunia kerja yang profesional?

Dhaniswara: Pastinya yang dibutuhkan adalah kualitas dari para dosen, kualitas dari sarana prasarananya juga, termasuk di dalamnya laboratorium, itu kita siapkan pula. Dan termasuk  kurikulumnya kita siapkan.

Nah sekarang yang tadinya hanya program diploma, mereka masuklah ke dunia yang kita sebut sebagai sarjana terapan. Artinya sarjana tapi yang langsung siap tempur dan siap digunakan oleh masyarakat.

Wartawan: Apa harapan Bapak kepada para mahasiswa lulusan program studi ini maupun kepada mahasiswa-mahasiswa baru lainnya ke depan?

Dhaniswara: Saya kira harapan kita begitu tinggi karena program vokasi ini masih sesuatu yang baru, yakni sekitar 4-5 tahun ini baru ada. Apalagi sarjana terapan masih merupakan barang langka yang ada di Indonesia, saya yakin bahwa dunia kerja sangat membutuhkan mereka. Juga harapan saya agar mereka harus mampu mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya, apalagi sekarang sudah dilengkapi dengan program MBKM – Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Wartawan:  Apa perbedaan dari dua Program Studi Sarjana terapan kali ini dibanding sebelum yang hanya Diploma Tiga?

Dhaniswara: Pastinya ada perbedaan. Kita ambil contoh, jika tadinya lulusan program studi  Keuangan diploma itu mungkin hanya bisa sampai menjadi costumer service di dunia perbankan. Dengan meningkatnya lulusan itu menjadi sarjana terapan, maka mereka itu pasti akan menjadi pemimpin-pemimpin ke depannya. Jadi mereka semakin melengkapi. (Ali/arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.