Jumat, 26 April 24

Rakernas Kadin Usung 7 Hal Lajukan Industri Kelautan

Rakernas Kadin Usung 7 Hal Lajukan Industri Kelautan
* Rapat Kerja Nasional (Rakemas) Kamar Dagang dan Industri Indonesia Kadin) di Hotel Aryaduta, Jakarta, Senin (7/11/2016).

Jakarta, Obsessionnews.com – Percepatan pembangunan industri perikanan nasional sangatlah penting. Ini berimplikasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat baik nelayan, pembudidaya, pengolah maupun pemasar hasil perikanan.

Tak heran, Rapat Kerja Nasional (Rakemas) Kamar Dagang dan Industri Indonesia Kadin) di Hotel Aryaduta, Jakarta, Senin (7/11/2016) melibatkan stakeholders kelautan dan perikanan. Ini untuk mendengar pendapat mereka tentang masukan penting percepatan industri perikanan dan kelautan.

“Kita melibatkan mereka untuk bertukar pendapat agar kami bisa mendapatkan rekomendasi yang komprehensif,” kata Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Kelautan dan Perikanan, Yugi Prayanto.

Kadin berharap, implementasi pecepatan industri di sektor ini bisa berjalan dengan baik dan terealisasi seperti yang kita harapkan.

“Indonesia negara maritim, sudah seharusnya industri di sektor ini juga diperkuat,” ujar Yugi.

Ia menjelaskan, ada 7 hal penting yang perlu mendapat perhatian dan menjadi fokus pembahasan dalam rakernas tersebut.

Pertama, peningkatan produksi perikanan tangkap, budidaya dan pengo!ahan hasil perikanan.

Kedua, perbaikan distribusi dan logistik hasil perikanan dan penguatan daya saing. Ketiga, percepatan penataan pengelolaan ruang taut dan pemetaan Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia (WPPNRI).

Tentunya sesuai dengan daya dukung dan sumber daya ikan serta pengawasan sumber daya perikanan.

Keempat, penyediaan sarana dan prasarana dasar serta pendukung .industri perikanan nasional.

Kelima, percepatan peningkatan jumlah dan kompetensi sumber daya manusia, inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi ramah lingkungan bidang perikanan.

“Keenam, percepatan pelayanan perizinan di bidang industri perikanan nasional. Dan ketujuh, penyusunan rencana aksi percepatan pembangunan industri perikanan nasional,” terang Yugi. (Popi Rahim)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.