Kamis, 2 Mei 24

PT Taspen (Persero) Terus Berinovasi Untuk Melayani ASN

PT Taspen (Persero) Terus Berinovasi Untuk Melayani ASN
* TASPEN menjadi penyelenggara jaminan sosial bagi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Obsessionnews – PT TASPEN (Persero) terus menunjukan kinerja yang mengkilap.Hal itu bisa dilihat dari kinerja sepanjang tahun 2015. Bahkan Salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang ditunjuk pemerintah sebagai penyelenggara jaminan sosial bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pejabat negara berhasil meraih peringkat ke-1 kategori BUMN pada Ajang Keterbukaan Informasi Badan Publik 2015.

Hal ini diraih berkat keberhasilan BUMN yang dipimpin Iqbal Lantaro, sang direktur utama, dalam mengelola sejumlah program jaminan sosial bagi ASN seperti Program Tabungan Hari Tua, Program Pensiun, Program Jaminan Kecelakaan Kerja dan Program Jaminan Kematian Aparatur Sipil Negara dan Pejabat Negara.

Peserta yang dilayani berjumlah 6,8 juta orang yang terdiri dari 4,4 juta orang peserta aktif dan 2,4 juta orang pensiunan, memiliki 53 Kantor Cabang dan 13.300 titik layanan untuk melayani ASN dan Pejabat Negara di Indonesia.

Sejak PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) didirikan pada April 1963, negara telah memberikan tugas mulia ke pundak para pengurus TASPEN untuk memberikan ketenangan kepada para Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau ASN dalam menunaikan tugasnya sebagai abdi bangsa. Iqbal, sapaan akrab pemegang tampuk tertinggi di TASPEN sadar akan amanah tersebut melalui dedikasi dan loyalitasnya membangun Taspen agar tidak dipandang sebelah mata sebagai ‘barang antik’.

“Kami ingin PNS dan ASN yang pensiun tidak perlu merasa stres. Kemudian dia tidak perlu merasa ragu bagaimana nanti kalau pensiun,” ucap pria humoris ini.

Terlihat jelas kepedulian, dan empati yang tertanam di dalam diri mantan Dirut Bank BTN terhadap kaum pensiunan yang jumlahnya saat ini terus meningkat. Karena itulah, sejak 2013 memimpin perusahaan asuransi pensiun milik negara ini, ia selalu memompa semangat seluruh staf dan karyawan TASPEN untuk memberikan pelayanan terbaik kepada kaum pensiunan tersebut.

Iqbal juga memaparkan kinerja keuangan TASPEN di 2015 yang meliputi pertumbuhan aset persero yang meningkat sebesar 7.06%, peningkatan penerimaan iuran sebesar 16.45% (dimana rata-rata pertumbuhan penerimaan iuran pensiun mengalami peningkatan sebesar 8.31% – RED), peningkatan hasil investasi sebesar 10.12% dan pencapaian laba berhasil mencapai target sesuai RKAP 2015 sebesar 101,39%.

“TASPEN juga berhasil menyalurkan Bantuan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan sepanjang tahun 2015 sebesar 53.4 Miliar dengan rincian program Bina Lingkungan Rp 11.5 miliar dan Program Kemitraan Rp 41.9 miliar,” papar Iqbal.

Selain itu, Iqbal menuturkan, sepanjang 2015, TASPEN juga berhasil meraih sejumlah penghargaan seperti peringkat ke-1 kategori BUMN pada Ajang Keterbukaan Informasi Badan Publik 2015, The Best Technology Innovation of Financial Service Sector, Peringkat III kategori BUMN Keuangan Non-Listed pada Ajang Annual Report Award 2015, Peringkat AAA dari PEFINDO kategori keamanan keuangan yang superior bagi perusahaan asuransi di Indonesia.

Taspen juga meraih peringkat  terbaik dalam melaksanakan Program Quick Wins Unit Kepresidenan Bidang Pengawasan Pelaksanaan Program Pembangunan (UKP4), peringkat 3 The Best Government Insurance Company pada Ajang Insurance Award 2015 dan predikat Excellent untuk Penghargaan Kategori keuangan asuransi pada Ajang Indonesian GCG Award 2015.

Sebagai perusahaan berbasis jasa, maka TASPEN harus senantiasa berinovasi untuk memberikan layanan yang optimal sehingga bisa bertahan terhadap persaingan. Pentingnya faktor pelayanan ini juga menjadi penekanan penting Iqbal kepada seluruh pimpinan, staf, dan karyawan di TASPEN. Misalnya layanan Taspen keliling yang bisa memudahkan para nasabah mengurus kepentingan terkait Taspen. “Orang nggak perlu bingung, kalau ke Taspen. Saya yakin Pelayanan Taspen tanpa biaya, dan layanannya tidak lebih dari satu jam, kami jemput bola” beber Iqbal.

Seiring dengan telah terbitnya PP No 70 Tahun 2015 yang menyebutkan TASPEN saat ini mengelola jaminan sosial untuk ASN dan pejabat negara, maka pelayanan terbaik dengan inovasi yang bermutu adalah sebuah keniscayaan.

Hal ini dibuktikan dengan beberapa inovasi yang sudah diimplementasikan yaitu, didapatkannya sertifikasi ISO 9001:2008 TUV NORD untuk layanan Klaim 1 jam dengan data akurat.

Selain itu, TASPEN juga menyediakan mobil layanan TASPEN, Taspen Mobile Application for Smartphone, Layanan Klim‎ otomatis, implementasi SIMGAJI di 434 pemda, serta kerja sama pembayaran tabungan perumahan bagi pegawai negeri sipil (PNS) dengan Bapertarum. Keberhasilan itu juga diiringi dengan peningkatan tingkat kepuasan pelanggan yang pada 2015 mendapatkan skor 92,89 untuk peserta pensiun dan 90,09 untuk peserta aktif.

Kerjasama dengan pihak eksternal juga dilakukan TASPEN sebagai upaya pemberian pelayanan terbaik, seperti bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dan Jasa Raharja untuk mendukung Pelayanan Jaminan Kecelakaan Kerja. Kerjasama itu diistilahkannya sebagai strategi menggabungkan berbagai kelebihan yang dimiliki kedua BUMN tersebut kemudian dijadikan satu kekuatan atau sinergi yang saling menguntungkan.

Jauh sebelumnya, kerjasama lain dilakukan TASPEN dengan PT Bank Mandiri, dan PT Pos dan membentuk Bank Mantap. Kerjasama ini dilakukan guna membayarkan tunjangan hari tua (THT), THT Multiguna, dan pensiun bulanan dan diharapkan dapat mempermudah pensiunan dalam mendapatkan akses layanan ketika hari tua.

Pada tahun 2015, TASPEN juga berhasil memperluas jaringannya dengan membuka 3 kantor cabang baru yaitu Kantor Cabang Jakarta Selatan, Kantor Cabang Ende di Nusa Tenggara Timur dan Kantor Cabang di Lhokseumawe di Aceh. “Target kami sampai tahun 2017 Pelayanan Pro Aktif TASPEN telah berjalan penuh. Sehingga Taspen yang akan datang menjemput bola memproses pensiun tanpa perlu datang ke kantor,” pungkas Iqbal.

(Naskah: Giattri FP/Men’s Obsession)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.