Rabu, 8 Mei 24

Protes Korupsi dan Pengangguran, Perusahaan Minyak China Dibom

Protes Korupsi dan Pengangguran, Perusahaan Minyak China Dibom
* Lokasi kantor perusahaan minyak China dibom. (Foto: RTR/WNA)

Serangan roket menghujani lokasi kantor pusat perusahaan minyak China ZPEC yang beroperasi di lapangan Al-Gharraf di utara Nasiriyah, Irak selatan pada Selasa, (28/12/2021) dini hari.

Karim al-Jandil, juru bicara perusahaan minyak negara di Dhi Qar membe narkan adanya roket dan peluru tajam yang menyerang kantor perusahaan minyak China tersebut.

Provinsi Dhi Qar, termasuk ibu kotanya Nasiriyah, dilanda protes berdarah menentang korupsi dan pengangguran sejak paruh kedua tahun 2019.

Meski begitu, tidak ada laporan kerusakan dan korban jiwa atas insiden peledakan kantor perusahaa minyak China tersebut.

Dalam keterangan seorang pejabat keamanan di provinsi Dhi Qar, pelaku serangan itu berjumlah enam orang. Sejauh ini, keenam orang tersebut telah diamankan aparat keamanan setempat.

“Kantor pusat perusahaan China ZPEC, yang beroperasi di lapangan Al-Gharraf di utara Nasiriyah, menjadi sasaran roket dan peluru tajam,” kata Karim al-Jandil, juru bicara perusahaan minyak negara di Dhi Qar kepada AFP.

Pejabat keamanan lainnya mengatakan roket gagal meledak dan satu-satunya kerusakan di situs itu adalah lubang peluru di trailer terdekat.

Lebih lanjut, otoritas setempat mengatakan bahwa serangan ini dimotivasi oleh “pemerasan” untuk menekan perusahaan dan mengamankan pekerjaan bagi penduduk setempat.

Provinsi Dhi Qar, termasuk ibu kotanya Nasiriyah, dilanda protes berdarah menentang korupsi dan pengangguran sejak paruh kedua tahun 2019.

Sementara itu, Irak adalah produsen terbesar kedua di Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC). Negara itu mengekspor lebih dari 98 juta barel minyak mentah yang menghasilkan lebih dari US$ 7,6 miliar. (CNBC/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.