Minggu, 28 April 24

“Pesaing” Presiden Xi Jinping Kepergok Berdebat Sebelum Digiring Keluar di Kongres PKC

“Pesaing” Presiden Xi Jinping Kepergok Berdebat Sebelum Digiring Keluar di Kongres PKC
* Eks Presiden China Hu Jintao terlihat sempat berdebat di ruang Kongres PKC sebelum digiring paksa keluar rapat. (RTR/CNN)

Mantan Presiden China Hu Jintao yang juga tokoh komunis senior “pesaing” Presiden China Xi Jinping  tampak berdebat tentang dokumen resmi dengan Ketua Kongres Rakyat Nasional Li Zianshu, sebelum ia digiring keluar saat upacara penutupan Kongres Partai Komunis China (PKC), Sabtu (22/10/2022).

Momen tersebut terungkap dari rekaman video Channel News Asia yang baru dirilis dua hari usai kejadian. Rekaman berdurasi satu menit 20 detik itu memperlihatkan Li yang duduk bersebelahan dengan Hu menjauhkan sebuah dokumen dari tangan eks presiden China itu. Di sebelah Hu, duduk berjajar Presiden Xi Jinping dan Perdana Menteri Li Keqiang yang baru pensiun.

Hu dan Li sempat terlihat beradu bicara soal dokumen tersebut sampai membuat Xi menoleh ke arah mereka beberapa kali.

Dikutip dari The Guardian, Presiden Xi Jinping kemudian terlihat seperti memberi isyarat kepada ajudan terdekat. Xi tampak berbincang dengan ajudan itu.

Tak lama dari itu, berkas Hu kemudian diambil. Hu pun digiring keluar dari ruang kongres oleh dua ajudan.

Hu terlihat berhenti sejenak dan memberi isyarat pada Xi seperti bingung. Ia tampak mencoba untuk berbicara kepada orang nomor satu di China itu. Setelahnya Hu juga menepuk bahu Perdana Menteri Li Keqiang.

Xi dan Li hanya memberi anggukan tanpa melihat Hu. Apa yang dibicarakan Xi ke Hu masih belum jelas hingga saat ini.

Adapun saat keluar, salah satu orang yang mengawal Hu sambil memegang lengan kanannya.

Di tengah berbagai spekulasi media soal Hu yang digiring keluar Kongres PKC, kantor berita resmi Xinhua melaporkan kepergian eks presiden China itu karena alasan kesehatannya yang memburuk. Xinhua tak menjelaskan lebih detail lagi soal insiden itu.

Pernyataan semi resmi itu pun tetap tak meredam berbagai spekulasi bahwa insiden itu lebih seperti pemindahan paksa Hu. Sebab, dalam video, Hu terlihat bingung dan tidak ingin meninggalkan kursinya.

China juga memblokir pencarian kata ‘Hu Jintao’ di internet sejak Senin (24/10), sehari setelah Kongres PKC sepekan berlangsung.

Pembatasan itu dilakukan usai Hu digiring keluar pada saat penutupan Kongres Partai Komunis China pada Minggu (23/10) lalu.

Adapun pencarian kata kunci untuk ‘Hu Jintao’, ‘Kakek Hu’ dan ‘Xi Jinping’ hanya menampilkan hasil yang sangat terbatas, seperti dikutip dariRadio Free Asia.

Selain itu, pencarian kata kunci untuk ‘Hu Jintao’ di platform media sosial Weibo pada Senin (24/10) hanya menghasilkan beberapa unggahan umum dari kongres partai yang berlangsung dari 16 hingga 22 Oktober di Beijing, dengan komentar dimatikan.

Dalam Kongres PKC kemarin, Xi Jinping memang merombak Komite Pusat PKC yang diisi oleh para loyalisnya. Sejumlah pejabat juga dicopot dari keanggotaan Politbiro, salah satunya saingan Xi Jinping, Hu Chunhua, yang merupakan anak didik Hu Jintao. Hu Jintao dan Xi Jinping memang datang dari faksi PKC yang saling bersaing. (CNNIndonesia/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.