Selasa, 7 Mei 24

Pertumbuhan Ekonomi Cina Terlamban dalam 25 Tahun Terakhir

Pertumbuhan Ekonomi Cina Terlamban dalam 25 Tahun Terakhir
* Perdana Menteri Cina, Li Keqiang ,mengatakan pertumbuhan ekonomi Cina yang lamban bisa diterima, selama ada cukup pekerjaan baru yang bisa diciptakan. (BBC)

Beijing – Pertumbuhan ekonomi Cina mencapai 6,9% pada 2015, turun dari 7,3% setahun sebelumnya. Hal itu menandai pertumbuhan terlamban Cina dalam 25 tahun terakhir.

Pertumbuhan tahunan di negara dengan kekuatan ekonomi terbesar kedua di dunia itu sejalan dengan estimasi para pengamat ekonomi dunia. Padahal, target resmi pertumbuhan ekonomi Cina pada 2015 mencapai kisaran 7%.

Menanggapi pertumbuhan yang lamban tersebut, Perdana Menteri Li Keqiang mengatakan hal itu bisa diterima, selama ada cukup pekerjaan baru yang bisa diciptakan.

Hanya saja, pemerintah Cina harus bersiap mengingat para analis mengatakan angka pertumbuhan di bawah 6,8% amat mungkin meningkatkan seruan untuk pengucuran stimulus.

Selagi ekspansi ekonomi tak kunjung menguat, Cina berupaya mengarahkan ekonominya digerakkan konsumsi dan layanan ketimbang ekspor dan investasi.

Akan tetapi, kekhawatiran akan pertumbuhan ekonomi saat ini memicu Bank Sentral Cina memangkas suku bunga enam kali sejak November 2014.

Kejatuhan pasar ekuitas Cina yang baru-baru ini terjadi juga menciptakan kepanikan pada pasar global mengenai kekuatan ekonomi Cina.

“Berdasarkan pergerakan di pasar saham, saya memperkirakan kami akan mengalami pemangkasan suku bunga menjelang Tahun Baru Cina (pada 8 Februari),” kata Eamonn Sheridan, kepala analis mata uang lembaga Forexlive di Asia Pasifik. (BBC)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.