Jumat, 26 April 24

Pertamina Belum Ada Rencana Naikkan Harga BBM

Pertamina Belum Ada Rencana Naikkan Harga BBM
* SPBU Pertamina. (foto: Pertamina.com)

Jakarta, Obsessionnews.com – Dollar AS terus perkasa di tengah kondisi ekonomi global yang mengalami ketegangan. Meski begitu PT Pertamina (Persero) belum berencana akan menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

“Harga BBM Pertamina masih tetap dan belum ada rencana penyesuaian harga,” tegas Vice President Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito dalam keterangan tertulisnya yang diterima Obsessionnews.com, Rabu (5/9/2018).

Sebagai salah satu badan usaha hilir migas, Pertamina akan terus memantau kondisi nilai tukar rupiah ini. “Agar Pertamina tetap mampu menjaga penyediaan dan melayani kebutuhan BBM di masyarakat,” katanya.

Selaku Badan Usaha, Pertamina akan melaporkan setiap perubahan harga BBM kepada Pemerintah, yakni ke Kementerian ESDM. Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM Nomor 34 tahun 2018 tentang perhitungan harga jual eceran BBM.

“Pertamina patuh pada aturan Pemerintah bahwa setiap penyesuaian harga harus dilaporkan dahulu,” jelas Adiatma.

Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan, Pemerintah tidak merencanakan kenaikan harga BBM dalam waktu dekat.

Hal itu lantaran neraca migas yang masih surplus. Jonan mengatakan untuk triwulan II 2018 penerimaan negara dari lifting migas totalnya USD 3,57 miliar, sementara ekspornya mencapai USD 2,97 miliar.

Sedangkan impor migas totalnya USD 6,29 miliar. Jika ditotal jumlah penerimaan negara dari lifting dan ekspor dikurangi impor masih ada surplus USD 0,25 miliar.

Menurut Jonan, yang harus dibandingkan adalah penerimaan negara di bidang migas berapa ditambah ekspornya dikurangi impor (dan) itu cuma sedikit selisihnya.

“Penerimaan negara dari migas itu dalam USD, sama dengan ekspor, lah itu masa ga diakui,” jelasnya.

Namun begitu, devisa hasil ekspor yang diperoleh menjadi milik kontraktor. Dengan gambaran seperti itu maka meningkatnya harga minyak dan Dolar AS tak perlu membuat harga BBM naik dalam waktu dekat. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.