Jumat, 3 Mei 24

Pertama Kali Bendera Merah Putih 1.000 Meter Membentang di Terowongan Ijo Kebumen

Pertama Kali Bendera Merah Putih 1.000 Meter Membentang di Terowongan Ijo Kebumen
* Pembentangan bendera 1.000 meter di Terowongan Ijo Kebumen.

Obsessionnews.com – Dalam rangka memperingati HUT ke-78 RI masyarakat di Kecamatan Rowokele Kabupaten Kebumen, Jawa, Tengah, melakukan pembentangan bendera merah putih sepanjang 1.000 meter di area bersejarah terowongan kereta api Ijo Desa Bumiagung, Jumat 18 Agustus 2023.

Pembentangan bendera merah putih itu  dilakukan oleh 500 lebih relawan yang merupakan warga sekitar dan juga pelajar di Kacamatan Rowokele.

Acara tersebut dihadiri dan disaksikan oleh Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dan Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih.

Proses pembentangan bendera merah putih sepanjang 1.000 meter diawali dengan penyerahan secara simbolis oleh Wagiman selaku ketua panitia kepada Bupati.

Selanjutnya secara estafet bendera merah putih diteruskan kepada relawan yang telah mengisi posisi masing-masing di sepanjang lintasan real kereta api yang sudah tidak terpakai.

Ini adalah pertama kali bendera dengan panjang 1.000 meter dibentangkan di Kabupaten Kebumen. Bupati Kebumen dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan tersebut karena diadakan di tempat yang bersejarah.

“Acara spektakuler ini merupakan suatu kegiatan yang menyatukan semua elemen masyarakat untuk hadir. Tentunya banyak sekali nilai sejarah yang ada di Terowongan Ijo, minimal tetesan keringat para pekerja saat membangunnya,” kata Bupati saat memberikan sambutan.

Dengan adanya kegiatan ini, tutur Bupati, diharapkan dapat membangkitkan jiwa nasionalisme dan patriotisme bagi masyarakat, sehingga bisa lebih mencintai bangsa dan negaranya.

Sementara itu Camat Rowokele Katut Waluyo mengatakan, tujuan dari acara pembentangan bendera merah putih di atas Terowongan Ijo tidak lain karena terowongan tersebut merupakan ikon dari Kecamatan Rowokele.

“Terowongan Ijo punya arti sejarah bagi masyarakat khususnya Desa Bumiagung. Maka kecamatan berkolaborasi dengan desa dan berbagai pihak untuk mengadakan acara ini dengan maksud untuk membangkitkan jiwa nasionalisme dan patriotisme. Selain itu juga untuk mengenalkan dan memelihara nilai sejarah yang ada di Terowongan Ijo,” ujar Katut.

Terowongan Ijo merupakan terowongan kereta terpanjang kelima yang menghubungkan antara Stasiun Ijo dengan Stasiun Gombong. Nama ijo diambil dari nama sungai yang lokasinya tidak jauh dari terowongan tersebut.

Dengan panjang 580 meter, terowongan ijo memiliki dua terowongan, yaitu lama dan baru. Terowongan lama telah beroperasi selama kurang lebih 130 tahun. Di sisi barat terowongan lama juga terdapat Stasiun Ijo lama yang berada di selatan rel kereta.

Untuk terowongan baru mulai beroperasi tahun 2020 sebagai bagian dari proyek rel ganda lintas selatan Jawa. Bersamaan dengan itu dibangun juga Stasiun Ijo yang baru dengan lokasi di utara rel kereta dan lebih ke arah barat dari stasiun lama. (Al) 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.