Jumat, 27 Mei 22

Pengembangan Pesantren, Kemenag Siapkan Beasiswa, BOS, PIP Hingga Bantuan Sarpras

Pengembangan Pesantren, Kemenag Siapkan Beasiswa, BOS, PIP Hingga Bantuan Sarpras
* Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: Humas Kemenag)

Jakarta, obsessionnews.com – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menegaskan komitmennya untuk memberikan afirmasi terhadap pendidikan pesantren. Tahun 2021 Kementerian Agama (Kemenag) telah menyiapkan sejumlah program untuk membantu penyelenggaraan pendidikan pesantren.

“Sejumlah program afirmasi pesantren sudah kita siapkan di 2021. Kami menyebutnya sebagai program penguatan dan pengembangan pesantren,” ujar Menag di Jakarta seperti dikutip obsessionnews.com dari keterangan tertulis Humas Kemenag, Rabu (20/1/2021).

 

Baca juga:

Kemenag Terbitkan Tiga PMA Pesantren, Mengatur Apa Saja?

Mengenang Perjuangan KH Noer Muhammad Iskandar SQ Membangun Pesantren di Jakarta

Alumni Pesantren Harus Serba Bisa

 

Ia menambahkan, program ini mencakup aspek akademik, kelembagaan, sumber daya manusia (SDM), bahkan bantuan sarana prasarana (sarpras).

Yaqut menjelaskan, penguatan SDM antara lain akan dilakukan dengan memberikan program afirmasi bagi peningkatan kualifikasi akademik pengajar pesantren, khususnya Ma’had Aly.

“Kami akan memberikan beasiswa pascasarjana bagi para dosen Ma’had Aly,” tuturnya.

Afirmasi lainnya adalah pendampingan program sertifikasi bagi ustaz pesantren, utamanya mereka yang mengajar di Ma’had Aly, diniyah formal, dan mu’adalah.

“Kami menargetkan ada 6.000 tenaga pendidik pesantren yang bisa menerima manfaat beasiswa atau sertifikasi ini,” kata Gus Menteri, sapaan akrab Yaqut.

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2 3

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.