Jumat, 10 Mei 24

Pemkab Sumedang Pastikan Korban Gempa Terima Dana Tunggu Hunian Rp500 Ribu Per Bulan

Pemkab Sumedang Pastikan Korban Gempa Terima Dana Tunggu Hunian Rp500 Ribu Per Bulan
* Penjabat Bupati Sumedang Herman Suryatman memberikan keterangan pers usai rapat koordinasi pimpinan daerah di Gedung Negara Sumedang, Jawa Barat, Senin (8/1/2024). (Foto: ANTARA/HO-Pokja Wartawan Sumedang)

Obsessionnews.com – Sepekan lebih setelah gempa terjadi di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, pihak pemerintah daerah (pemda) setempat memastikan semua keluarga yang rumahnya rusak akibat gempa bumi mendapatkan dana tunggu hunian (DTH) sebesar Rp500 ribu per kepala keluarga, yang disalurkan setiap bulan, sebagai bentuk perhatian pemerintah selama menunggu proses perbaikan rumah.

“Kita usulkan untuk mendapatkan DTH  ya, Rp500 ribu per bulan, diajukan secepatnya,” kata Penjabat Bupati Sumedang Herman Suryatman usai rapat koordinasi pimpinan daerah di Gedung Negara Sumedang, Senin (8/1/2024).

Herman menuturkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang selama ini sudah berupaya maksimal untuk menangani seluruh daerah yang terdampak bencana gempa bumi berkekuatan Magnitudo 4.8 yang terjadi pada pergantian malam akhir tahun 2023.

Tercatat, ada 10 lokasi pengungsian dengan rincian terdapat 505 kepala keluarga atau 1.603 jiwa yang semuanya dipastikan tertangani kebutuhan hidupnya.

“Penanganan pengungsi di 10 titik, jumlahnya 505 kepala keluarga dan 1.603 jiwa, relatif sudah tertangani kebutuhan dasarnya,” sambungnya.

Baca juga: Gempa di Sumedang, 500 Petugas Diturunkan untuk Bantu Warga yang Terdampak

Ia juga menyampaikan status tanggap darurat sudah selesai pada Minggu (7/1), dan saat ini masa transisi pascatanggap darurat yang semuanya masyarakat tidak lagi tinggal di tenda darurat.

Masyarakat yang rumahnya dinilai aman, kata dia, disarankan untuk menempatinya dengan tetap waspada, sedangkan yang rumahnya rusak berat diminta untuk tinggal di rumah saudaranya yang aman dari bencana gempa bumi.

“Hari ini tenda-tenda pengungsian kita bongkar dan warga diminta untuk kembali ke rumahnya masing-masing, bagi warga yang rumahnya rusak berat dan tidak aman, itu kita edukasi untuk tinggal di rumah saudaranya,” ujar Herman lagi.

Ia menyampaikan, penanganan masyarakat yang terdampak gempa bumi tidak hanya dilakukan oleh pemerintah daerah, tapi juga semua pihak dari berbagai instansi turut membantu menanggulanginya.

Bantuan yang sudah didistribusikan, kata dia, seperti membangun dapur umum, kemudian kebutuhan logistik yakni kasur dan sebagainya agar masyarakat yang terdampak gempa tetap aman dan nyaman.

“Diberikan juga untuk logistik lainnya, kasur dan sebagainya kita distribusikan, dan situasi sekarang sudah landai,” katanya.

Sementara itu, wilayah Kabupaten Sumedang diguncang beberapa kali gempa dengan kekuatan paling besar yakni 4.8 yang terjadi Minggu, 31 Desember 2023 malam. (Antara/Arfi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.