Rabu, 26 Februari 20

Pembangunan Tiga Bendungan di Jatim Ditargetkan Selesai Tahun Ini

Pembangunan Tiga Bendungan di Jatim Ditargetkan Selesai Tahun Ini
* Pembangunan Bendungan Gongseng di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. (Foto: Kementerian PUPR)

Jakarta, Obsessionnews.com  –  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direkrotat Jenderal Sumber Daya Air membangun sejumlah bendungan dalam rangka meningkatkan jumlah tampungan air di Indonesia. Contohnya pembangunan bendungan di Jawa Timur (Jatim). Kementerian yang dipimpin Basuki Hadimuljono ini ditargetkan menyelesaikan pembangunan tiga bendungan di Jatim, yakni Bendungan Bendo di Kabupaten Ponorogo, Bendungan Tukul di Kabupaten Pacitan, dan Bendungan Gongseng di Kabupaten Bojonegoro. Ketiganya siap diisi (impounding) pada tahun ini.

 

Baca juga:

Kementerian PUPR – Tiongkok Sepakati Pembangunan Bendungan Pelosika

Kementerian PUPR Bangun Dua Bendungan di Sulut

Kurangi Risiko Banjir, Kementerian PUPR Akan Bangun Tiga Bendungan di Sultra

 

Di samping itu pembangunan ketiga bendungan tersebut bertujuan untuk memenuhi misi ketahanan pangan dan ketahanan air. Ketiganya merupakan bagian dari pembangunan 65 bendungan yang menjadi Program Strategis Nasional Pemerintah yang dikerjakan oleh Kementerian PUPR.

Ketiga bendungan di Jatim tersebut merupakan bendungan multiguna yang berfungsi sebagai pengendali banjir, sumber air baku, sumber air daerah irigasi dan juga pembangkit listrik.

Dikutip obsessionnews.com dari keterangan tertulis, Kamis (23/1/2020), Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, Bendungan Bendo memiliki kapasitas cukup besar, bisa menampung 43,11 juta meter kubik air untuk suplai irigasi di Kabupaten Madiun dan Kabupaten Ponorogo seluas 7.800 hektare.

“Selain itu bendungan ini bisa menyalurkan air baku sebesar 780 liter per detik, pembangkit listrik sebesar 4 MW dan mereduksi banjir 490 meter kubik per detik,” tutur Basuki.

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2 3

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.