Jumat, 19 April 24

Pastikan Surat Suara, Bawaslu dan KPU Investigasi ke Malaysia

Pastikan Surat Suara, Bawaslu dan KPU Investigasi ke Malaysia
* Acara konferensi pers yang digelar Bawaslu bersama KPU di Media Centre Bawaslu, Jakarta Pusat, Kamis (11/4/2019). (foto: dok Bawaslu)

Jakarta, Obsessionnews.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) membenarkan adanya video yang beredar di media sosial terkait surat suara yang sudah dicoblos di Malaysia. Namun Bawaslu akan melakukan investigasi apakah benar surat suara tersebut surat suara yang diproduksi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Untuk memastikan hal tersebut, Bawaslu dan KPU akan mengirim tim investigasi ke Malaysia guna mencari kebenaran video yang beredar itu.

“Ini akan kami dalami dalam bentuk klarifikasi, pemeriksaan dan investigasi. Kami tidak mau berspekulasi,” kata Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin dalam konferensi pers yang digelar bersama KPU di Media Centre Bawaslu, Jakarta, Kamis (11/4/2019).

Koordinator Divisi Pengawasan dan Sosialisasi Bawaslu ini mengakui bahwa Panitia Pengawas Pemilu Luar Negeri (Panwaslu LN) Malaysia memang ada di lokasi saat peristiwa “penggrebekan” itu terjadi.

Hal itu lantaran saat itu Panwaslu LN sedang melakukan pengawasan melekat pada proses pemilihan di Malaysia, yaitu pemilihan melalui pos dan Kotak Suara Keliling (KSK).

“Tadi teman (Panwaslu LN) itu dalam proses mengawasi KSK dan patrol pengawasan yang keliling dan ketemu (peristiwa) itu,” kata Afifuddin.

Jika memang itu adalah surat suara resmi yang diterbitkan KPU, pihaknya menduga surat suara tersebut dialokasikan untuk pemilih lewat pos.

Menurutnya, petugas Panwaslu LN yang berada di lokasi kejadian memastikan bahwa surat suara tersebut adalah surat suara asli yang diproduksi KPU. “Namun, Bawaslu masih harus memastikan kebenarannya,” jelas Afifuddin.

Sementara itu, Ketua KPU Arief Budiman meminta masyarakat untuk tidak berspekulasi mengenai peristiwa tersebut.

“Pihaknya baru akan mengambil kesimpulan mengenai kejadian itu setelah melakukan investigasi bersama Bawaslu,” ujar Arief.

Seperti diketahui, beredar video berisi penggerebekan gudang yang berisi surat suara yang telah tercoblos. Lubang coblosan surat suara pemilu presiden dan wakil presiden (PPSP) merujuk pada salah satu pasangan calon. Selain surat suara PPWP, surat suara pemilu DPR juga telah tercoblos pada salah satu calon anggota DPR RI. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.