Selasa, 7 Mei 24

Pasca Gempa, Aceh Gelap Gulita dan Krisis Air Bersih

Pasca Gempa, Aceh Gelap Gulita dan Krisis Air Bersih

Padang, Obsessionnews.com – Sehari setelah Aceh diguncang gempa berkekuatan 6,5 Skala Richter (S3), mahasiswa dan organisasi kepemudaan menggalang dana untuk korban gempa aceh.

Penggalangan dana ini mereka lakukan dengan turun ke jalan sebagai wujud kepedulian kepada korban gempa di Pidie Jaya, Aceh.

Para mahasiswa dan aktivis ini menyambangi para pengguna sepada motor dan mobil di persimpangan jalan di Kota Padang.

Mereka menyuguhkan kotak kardus kepada pengguna jalan agar mengulurkan sumbangannya untuk korban gempa di Aceh. Seperti yang terjadi di jalan Sudirman, satu persatu pengguna jalan didatangi relawan meski resiko ditabrak cukup tinggi.

Selain di jalan Sudirman, para relawan juga mengumpulkan sumbangan berupa uang di jalan Bagindo Aziz Chan, Khatib Sulaiman, Raden Saleh, Gajah Mada dan M Hamka.

Menurut coordinator relawan Irwan Suhendra, mereka menggalang dana dengan cara ini dilaksanakan selama dua hari hingga Jumat (9/12/2016). Bantuan yang terkumpul kemudian
akan dikirimkan ke Aceh.

“Meski tidak terlalu banyak, namun diharapkan bisa meringankan beban para korban gempa bumi di Aceh,” ujarnya.

Sementara itu, Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Padang juga membua posko penerimaan bantuan untuk korban gempa bumi di Aceh. Posko didirikan di jalan Rasuna Said ini baru terkumpul Rp 1 juta dalam bentuk uang.

Amasrul, Kadis Sosial dan Tenaga Kerja Padang mengatakan, selain mengumpulkan dalam bentuk uang, pihaknya juga mengumpulkan dalam bentuk barang, seperti pakaian.

Sementara itu, salah seorang warga korban gempa Pidie Jaya, Rajali mengatakan, pasca gempa terjadi, yanhg paling dibutuhkan warga air bersih dan listrik.

“Sejak gempa terjadi hingga kini listrik masih mati,” katanya saat dihubungi obsessionnews.com, Kamis (9/12/2016) sore.

Menurutnya, akibat listrik mati, suplai air terganggu terutama rumah tangga yang memakai air PDAM. Selain itu, warga korban gempa juga kesulitan mendapatkan air bersih untuk kebutuhan mandi, minum dan mencuci.

Menurutnya, pasca gempa terjadi, bantuan logistik sudah mulai berdatangan untuk membatu meringankan saudara-saudara korban gempa di Aceh. (Musthafa Ritonga/@alisakinah73)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.