Jumat, 3 Mei 24

Nurbaiti Hisyam: Pentingnya Kontribusi UMKM dalam Ciptakan Lapangan Kerja

Nurbaiti Hisyam: Pentingnya Kontribusi UMKM dalam Ciptakan Lapangan Kerja
* CEO Obsession Media Group Nurbaiti Hisyam saat pidato di acara UMKM SUMMIT 2024 bertajuk "UMKM sebagai Motor Penggerak Perekonomian Nasional" di Hotel Aston Simatupang, Jakarta Selatan, Kamis (7/3/2024). (Foto: Kapoy/Obsessionnews.com)

Obsessionnews.com – Obsession Media Group (OMG) Communication sukses menggelar acara UMKM SUMMIT 2024 bertajuk “UMKM sebagai Motor Penggerak Perekonomian Nasional” di Hotel Aston Simatupang, Jakarta Selatan. Acara tersebut menjadi wadah penting untuk membahas peran serta Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam menggerakkan perekonomian Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, CEO Obsession Media Group Nurbaiti Hisyam, mengungkapkan pentingnya kontribusi UMKM terhadap PDB, yang mencapai 61 persen, serta kemampuannya dalam menciptakan lapangan kerja bagi 97 persen tenaga kerja di Indonesia.

“UMKM berkontribusi sebesar 61 persen terhadap PDB dan mampu menciptakan lapangan kerja bagi 97 persen tenaga kerja di Indonesia,” ujar Nurbaiti dalam pidatonya di acara UMKM SUMMIT 2024, Kamis (7/3/2024).

Hal ini sejalan dengan pernyataan Menteri Keuangan Sri Mulyani pada rangkaian ASEAN Finance Minister and Central Bank Governor Meetings di Bali pada Maret 2023.

Presiden Joko Widodo juga telah menegaskan arahannya pada event G20 tahun 2022, dengan target membawa 30 juta UMKM ke dalam ekosistem digital pada tahun 2024. Namun, tantangan seperti akses permodalan dan adaptasi terhadap teknologi digital masih menjadi hal yang harus diatasi.

Untuk mendukung transformasi digital UMKM, OMG Communication kembali menggelar UMKM SUMMIT 2024 – Awarding & Seminar. Acara ini bertujuan untuk membangun ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif bagi UMKM di Indonesia, dengan kolaborasi antara Pemerintah, Swasta, Mitra UMKM, dan UMKM sendiri.

Selain memberikan penghargaan kepada UMKM Binaan yang berprestasi dan Mitra UMKM yang telah membina dan mendukung UMKM, penghargaan juga diberikan kepada Kementerian Koperasi & UKM Republik Indonesia, Teten Masduki, atas upaya memberdayakan UMKM dan memperkuat pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi Covid-19.

Acara dilanjutkan dengan seminar yang mengangkat empat tema utama, yaitu inovasi dan pertumbuhan UMKM yang berkelanjutan, UMKM muda menuju ekspansi global melalui digital, upaya meningkatkan kualitas UMKM, dan peran Mitra UMKM dalam mendukung transformasi UMKM menuju era digital, global, dan ramah lingkungan. Seminar tersebut dipandu oleh narasumber ahli dari berbagai latar belakang, baik dari Pemerintah, Swasta, maupun Mitra UMKM.

Dengan begitu, OMG  mengucapkan terima kasih banyak kepada seluruh Mitra Usaha yang telah mendukung dan mensukseskan acara UMKM Summit 2024 ini, yaitu :

1. PT Pertamina (Persero)
2. PT Bank Central Asia Tbk
3. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
4. PT Bank Pembangunan Daerah Bali (BPD Bali)
5. PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah (Bank Jateng)
6. PT Bank Mayapada Internasional (Mayapada)
7. PT Federal International Finance (FIF Group)
8. PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE)
9. PT Pos Indonesia Persero
10. PT Aneka Tambang Tbk
11. PT Dahana
12. Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)
13. PT Sinar Sosro
14. PT Eka Mas Republik (MyRepublic)
15. Lupba One Brand
16. Aston Hotel International
17. PT Integrasi Teknologi Unggas (BroilerX)

18. Zebetmart & Belle Couture
19. Community partners: Kadin Indonesia, Komunitas UMKM Naik Kelas, Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI), Womenpreneur BPP HIPMI, Perkumpulan Bumi Alumni (PBA) Unpad, Koperasi UMKM Indonesia (Komindo) Sejahtera, Fokus UMKM 4Go (Go Modern, Go Legal, Go Digital, Go Global), dan Komunitas UMKM Sinergi by Infoumkmid
20. University Partners: Telkom University dan Universitas Trisakti
21. Media Partner : Metro TV, Tempo, Media Indonesia, medcom.id

Dengan kesuksesan acara ini, diharapkan akan tercipta kolaborasi yang lebih erat antara semua pihak terkait untuk mendukung pertumbuhan dan kemajuan UMKM di Indonesia menuju masa depan yang lebih baik. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.