Jumat, 29 Maret 24

Breaking News
  • No items

Nizar Ali Optimistis Indonesia Dapatkan Kuota Haji Normal di Tahun Ketiga Pandemi

Nizar Ali Optimistis Indonesia Dapatkan Kuota Haji Normal di Tahun Ketiga Pandemi
* Jemaah haji di Masjidil Haram sebelum pandemi Covid-19. (Foto: Kemenag)

Jakarta, obsessionnews.comPenanganan Covid-19 di Indonesia semakin hari semakin membaik. Kemudian tren penyebaran kasus positif Covid-19 juga terus mengalami penurunan. Ditambah Arab Saudi juga telah membuka akses pemberangkatan jamaah umrah Indonesia.

 

Baca juga:

Tahun Ketiga Pandemi, Sekjen Kemenag Optimis Indonesia akan Berangkatkan Jemaah Haji

Soal Umrah dan Naik Haji, Yaqut Cholil: Mudah-mudahan Ada Kabar Baik dari Arab Saudi

 

Dengan begitu Sekjen Kementerian Agama (Kemenag) Nizar Ali optimistis Indonesia akan mendapatkan kuota haji normal pada tahun ketiga pandemi Covid-19.

“Tahun ketiga pandemi, saya optimistis Indonesia akan memberangkatkan jamaah haji. Saya malah berharap di tahun ketiga ini, haji bisa diselenggarakan dalam kuota normal, 100%,” ujar Nizar dikutip dari laman resmi Kemenag, Kamis (14/10/2021).

Dia berpendapat, penyelenggaraan ibadah umrah bagi jemaah Indonesia di masa pandemi ini sekaligus akan menjadi tolok ukur skema penyelenggaraan haji 1443 H. Sehingga perlu disiapkan tim manajemen krisis untuk menyusun skema pemberangkatan dan mitigasi penyelenggaraannya.

Nizar menduga penyelenggaraan haji 1443 H nantinya masih akan digelar dalam suasana pandemi. Maka dari itu, calon jamaah harus terus diedukasi dalam kedisiplinan penerapan protokol kesehatan (prokes).

“Kemenag juga harus memastikan kuota petugas haji mencukupi dan mereka bisa menjalankan tugasnya secara profesional dalam konteks suasana pandemi,” tuturnya.

Jika diperlukan, Kemenag akan menggelar pelatihan petugas secara terpisah yang sesuai bidang layanan masing-masing, baik katering, transportasi, akomodasi, hingga pembimbing ibadah.

“Saat ini, baru pembimbing ibadah yang disertifikasi. Ke depan, perlu juga sertifikasi untuk semua layanan,” tandasnya. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.