Kamis, 2 Mei 24

Menteri ATR/BPN Hadir di Jambi, Masyarakat Panen 13.366 Sertipikat

Menteri ATR/BPN Hadir di Jambi, Masyarakat Panen 13.366 Sertipikat
* Menteri ATR/BPN, Hadi Tjahjanto menyerahkan 13.366 sertifikat tanah di Provinsi Jambi (24/8) (Foto: Humas Kemen ATR/BPN)

Obsessionnews.com – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto menghadiri kegiatan Panen Raya yang diselenggarakan Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi Jambi, pada Kamis (24/08/2023). Panen Raya yang dimaksud bukanlah panen hasil bumi, melainkan panen sertifikat hasil kerja sama antara Kementerian ATR/BPN dengan berbagai pemangku kepentingan.

“Saya ingin memberikan ucapan terima kasih karena hari ini kita melaksanakan Panen Raya, yaitu menyerahkan sertifikat tidak kurang dari 13.366 sertifikat. Di Provinsi Jambi sendiri, target untuk sertifikat ada 2,5 juta bidang dan yang sudah terdaftar ada 1.8 juta bidang. Sisanya kurang lebih 700 ribu bidang lagi yang belum terdaftar, saya sudah sampaikan ke Pak Kanwil sebelum akhir 2024 paling tidak sudah 90 persen. Untuk itu, Pak Kepala Kanwil dan jajaran harus bekerja keras, tidak lagi berlari sprint tetapi berlari maraton seperti arahan Bapak Presiden,” kata Hadi Tjahjanto dalam sambutannya.

Percepatan penyertifikatan tanah di Provinsi Jambi ini berbuah manis karena hasilnya salah satu Kabupaten di Provinsi Jambi, yakni Kabupaten Sungai Penuh saat ini sudah menyelesaikan proses pendaftaran tanahnya. “Ini merupakan kabar gembira bahwa sebentar lagi Kabupaten Sungai Penuh bisa kita deklarasikan menjadi Kabupaten Lengkap. Tapi dengan catatan kita akan verifikasi,” ujar Hadi Tjahjanto,

Menteri ATR/Kepala BPN berkata, apabila sebuah kota atau kabupaten sudah dideklarasikan Lengkap, maka akan menekan risiko terjadinya konflik, sengketa, dan ancaman mafia tanah. “Saya yakin, setelah Sungai Penuh kita deklarasikan, Kota Jambi dan kota yang lain akan menyusul mempercepat agar predikat kabupaten/kota-nya sudah menjadi Kota Lengkap,” jelasnya.

Adapun sertifikat yang diserahkan terbagi atas 63 sertipikat Barang Milik Negara (BMN), 29 sertifikat Aset Pemerintah Provinsi Jambi, 276 sertifikat Aset Barang Milik Daerah (BMD), 10.000 sertifikat hasil Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), 18 sertifikat Hak Pakai Candi Muaro Jambi, 500 sertifikat Lintas Sektor, 480 sertifikat tanah wakaf dan rumah ibadah, serta 2.000 sertifikat hasil Redistribusi Tanah.

Pada kegiatan ini juga dilaksanakan penandatangan nota kesepahaman antara Kanwil BPN Provinsi Jambi dengan Universitas Jambi dan Universitas Muara Bungo dengan tujuan percepatan pelaksanaan PTSL. Turut memberi sambutan dalam kesempatan tersebut, Gubernur Jambi, Al Haris dan Kepala Kanwil BPN Provinsi Jambi; Agustin Iterson Samosir.

Hadir mendampingi Menteri ATR/Kepala BPN dalam kunjungan kerja di Provinsi Jambi, Staf Ahli Bidang Partisipasi Masyarakat dan Pemerintah Daerah, Yulia Jaya Nirmawati; Staf Khusus Bidang Komunikasi dan Pelayanan Publik, Andi Saiful Haq; serta Kepala Kantor Pertanahan se-Provinsi Jambi. Turut hadir; Bupati/Wali Kota di Provinsi Jambi, serta Rektor Universitas Jambi dan Universitas Muara Bungo. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.