Kamis, 25 April 24

Mensos Kukuhkan Bamsoet Pembina Tagana

Mensos Kukuhkan Bamsoet Pembina Tagana
* Bambang Soesatyo. (Dok.PORTONEWS)

Kebumen, Obsessionnews.com – Menteri Sosial (Mensos) Idrus Marham resmi mengukuhkan Ketua DPR RI Bambang Soesatyo sebagai Pembina Kehormatan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Indonesia di Pantai Ayah Kebumen, Jawa Tengah, Senin (2/4/2018).

“Saya bangga diangkat sebagai Pembina Kehormatan Tagana,” ucap pria yang akrab disapa Bamsoet ini.

Pengukuhan yang dilakukan dalam acara Apel Siaga Bencana HUT ke-14 Tagana Indonesia ini sekaligus meresmikan Pulau Momongan Kebumen sebagai Pulau Tagana, yang dilanjutkan pelepasan burung dan kepiting serta penanaman mangrove.

Tak lupa Idrus Marham bersama Bamsoet juga memberikan bantuan sosial kepada sejumlah panti asuhan di Kebumen.

Bamsoet mengingatkan kondisi geografis Indonesia yang terletak pada pertemuan tiga lempeng dunia, yaitu lempeng Indo-Australia di bagian selatan, lempeng Eurasia di bagian utara, dan Lempeng Pasifik di bagian timur, yang menjadikan Indonesia rentan mengalami bencana alam.

Selain itu, kondisi geologis, hidrologis serta demografis yang dimiliki Indonesia juga memungkinkan terjadinya bencana, baik yang disebabkan oleh faktor alam dan faktor non alam yang dapat menimbulkan korban jiwa, kerusakan lingkungan ataupun kerugian harta benda.

“Ancaman yang kita hadapi saat ini tidak hanya bencana alam. Tetapi juga bencana non-alam dan bencana sosial. Termasuk konflik sosial dan ancaman terorisme. Kalau bencana tersebut tidak tertangani dengan baik akan menghambat jalannya pembangunan nasional,” papar Bamsoet.

Keberadaan Tagana diatur dan dilindungi dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana dan Peraturan Menteri Sosial Nomor 28 Tahun 2012  tentang Pedoman Umum Taruna Siaga Bencana. (Popi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.