Senin, 19 Agustus 19

Mengenal Sosok Habil Marati, Politisi PPP Penyokong Dana Kerusuhan 22 Mei

Mengenal Sosok Habil Marati, Politisi PPP Penyokong Dana Kerusuhan 22 Mei
* Habil Marati. (Foto: Fakta News))

Jakarta, Obsessionnews.com – Polisi kembali menetapkan satu tersangka baru setelah menetapkan enam tersangka dalam kasus kerusuhan 21-22 Mei 2019. Adapun inisial tersangka tersebut yakni HM yaitu Habil Marati yang merupakan politisi PPP. HM ditangkap pada Rabu (29/5/2019).

“Tersangka selanjutnya adalah HM, seorang laki-laki beralamat di Jalan Metro Kencana, Kelurahan Pondok Pinang. Ditangkap di rumahnya,” kata Wadir Krimum Polda Metro Jaya AKBP Ade Ary Syam Indradi di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Selasa (11/6/2019).

 

Baca juga:

Ngeri! Perusuh 22 Mei Rencana Bunuh 4 Tokoh Nasional dan Pimpinan Lembaga Survei

Pelaku Kerusuhan Aksi 22 Mei Perhari Dibayar Rp300 Ribu

Pernyataan Resmi Kementerian Pariwisata Terkait Aksi Demo 22 Mei 2019 di Jakarta

 

Dalam kasus ini,HM yang merupakan pemberi dana untuk melakukan kerusuhan kepada tersangka KZ alias Kivlan Zen. “Tujuannya untuk pembelian senjata api, juga memberikan uang Rp 60 juta langsung kepada HK (alias Iwan) untuk biaya operasional dan pembelian senjata api,” lanjut Ade.

Polisi juga merinci uang Rp 60 juta tersebut yakni Rp 10 juta untuk operasional dan Rp 50 juta untuk melaksanakan unjuk rasa. “HM juga memberikan dana operasional sebesar 15 ribu dolar Singapura (Rp 150 juta) kepada KZ. Kemudian KZ mencari eksekutor yaitu HK dan Udin, dan diberikan target 4 tokoh nasional,” imbuh Ade.

Polisi juga menyita beberapa barang bukti dari tersangka HM. Di antaranya ponsel genggam untuk melakukan komunikasi dan print out transaksi bank.

Lantas siapakah sosok HM yang merupakan pendana rencana pembunuhan empat tokoh nasional dan pimpinan lembaga survei?

Habil Marati lahir di Raha, Sulawesi Tenggara, 7 November 1962. Lulusan Sarjana Syariah IAIN Sumut tahun 1982 ini juga pernah melanjutkan pendidikan di Magister Manajemen Universitas Sumut 2003. Selain itu Habil Marati pernah menempati posisi jabatan direktur di sejumlah perusahaan.

Satu di antaranya ia pernah menjadi direktur dan pemegang saham PT Batavindo Kridanusa. Habil Marati juga merupakan politisi dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Ia juga sempat jadi anggota Komisi XI DPR dari Fraksi PPP.

Dalam Pileg 2019, Habil Marati kembali mencalonkan diri sebagai caleg DPR RI dari PPP daerah pemilihan (Dapil) Sulawesi Tenggara. Selama di PPP Habil Marati dikenal sebagai politisi yang mendukung Prabowo. Bahkan sejak 2009 lalu ia sudah menyatakan dukungan kepada Prabowo. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.