Minggu, 29 Mei 22

Manfaat Makanan Pedas bagi Kesehatan

Manfaat Makanan Pedas bagi Kesehatan
* Ilustrasi makanan pedas. (Foto: Gotravelly.com)

Ternyata, konsumsi makanan pedas ada manfaatnya bagi kesehatan.  kesehatan. Makanan pedas paling banyak didapatkan dari senyawa aktif bernama capsaicin, yaitu senyawa aktif unik yang memberi cita rasa pedas dan panas dalam beragam bahan makanan, seperti cabai, paprika, jalapeno, dan lada.

Dilansir dari alodokter.com, berikut ini adalah beberapa manfaat konsumsi makanan pedas bagi kesehatan yang bisa kamu peroleh:

1. Menurunkan berat badan
Capsaicin yang umumnya terkandung di sejumlah bahan makanan pedas diketahui dapat membantu meningkatkan proses metabolisme tubuh. Beberapa penelitian bahkan menyatakan bahwa senyawa ini bisa meningkatkan kemampuan tubuh dalam memecah lemak untuk menghasilkan energi.

Selain itu, senyawa capsaicin dalam makanan pedas juga mampu menghambat nafsu makan dan membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Nah, hal-hal inilah yang membuat konsumsi makanan pedas disebut bisa membantu menurunkan berat badan dan menjaga berat badan tetap ideal.

2. Menjaga kesehatan jantung
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, makanan pedas dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam memecah lemak. Menurut beberapa penelitian, hal ini sering dikaitkan dengan penurunan risiko terjadinya hipertensi dan kolesterol tinggi.

Dengan menurunnya risiko hipertensi dan kolesterol tinggi, maka kesehatan jantung pun bisa lebih terjaga.

3. Mendukung pertumbuhan bakteri baik pada usus
Penelitian menyebutkan, senyawa capsaicin pada makanan pedas juga dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus, yang berguna untuk melindungi dan memelihara kesehatan sistem pencernaan.

Tidak hanya itu, dengan terjaganya pertumbuhan bakteri baik dalam usus, maka kerja sistem kekebalan tubuh juga bisa meningkat, sehingga kamu tidak akan mudah terserang penyakit.

4. Menurunkan risiko terjadinya kanker
Capsaicin yang banyak terkandung dalam bahan makanan pedas, terutama pada cabai, juga diketahui dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker. Walau demikian, manfaat makanan pedas yang satu ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Itulah beberapa manfaat kesehatan yang bisa kamu peroleh dari mengonsumsi makanan pedas. Namun, penting untuk diingat, walau manfaatnya memang banyak, tetapi makanan pedas juga tidak disarankan untuk dikonsumsi secara berlebihan.

Pasalnya, seperti yang disebutkan sebelumnya, mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan bisa meningkatkan risikomu mengalami gangguan pencernaan, seperti sakit perut dan diare.

Oleh karena itu, apabila kamu ingin tahu jumlah makanan pedas yang aman untuk kamu konsumsi setiap harinya atau jika setelah mengonsumsi makanan pedas perutmu terasa sakit dan muncul gejala-gejal diare, sebaiknya konsultasikan ke dokter mengenai hal ini. (Alodokter/Red)

Related posts

1 Comment

  1. Pingback: Manfaat Makanan Pedas bagi Kesehatan | Obsession News - HealthGlitz

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.