Senin, 17 Januari 22

Makanan Penyubur Kandungan Agar Cepat Hamil

Makanan Penyubur Kandungan Agar Cepat Hamil
* Ilustrasi wanita mengandung/hamil. (Foto: Sehatq)

Menurut beberapa studi, terdapat beberapa asupan nutrisi dan vitamin yang dapat meningkatkan kesuburan.y Makanan penyubur kandungan ini disarankan untuk mereka yang memiliki masalah kesuburan atau cenderung susah hamil.

Beberapa ahli mempercayai kalau makanan yang dikonsumsi turut memengaruhi tubuh, termasuk pula tingkat kesuburan. Lantas, apa saja makanan penyubur kandungan yang bisa dikonsumsi agar cepat hamil?

Berikut adalah beberapa makanan yang dapat meningkatkan kesuburan, antara lain:

1. Ikan

Ikan adalah salah satu makanan penyubur kandungan yang bisa kamu coba. Kandungan asam lemak omega-3 di dalam ikan diduga dapat mengoptimalkan kinerja organ reproduksi. Asam lemak omega-3 ini banyak terkandung pada ikan salmon, sarden, atau tuna.

2. Produk Olahan Susu

Makanan penyubur kandungan lainnya yang bisa kamu coba adalah makanan berbasis produk olahan susu. Misalnya susu, yoghurt, dan keju. Menambahkan produk susu ke dalam diet prakonsepsi tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tulang saja, tetapi juga secara potensial dapat meningkatkan kesehatan reproduksi.

Nah, produk olahan susu yang dapat dicoba, contohnya susu, yoghurt, keju, atau smoothie. Namun, alangkah baiknya bila dirimu mengonsumsi produk susu rendah lemak atau bebas lemak. Pasalnya, berat badan yang berlebih dapat memengaruhi kesuburan.

3. Protein Hewani dan Nabati

Protein hewani dan nabati diduga dapat meningkatkan kesuburan. Nah, untuk protein hewani kamu bisa mencoba daging yang kaya protein dan zat besi.

Sementara itu, asupan protein nabati bisa didapatkan dari kacang polong atau kacang tanah. Hal yang perlu diingat, sebaiknya jangan daging merah secara berlebihan untuk mencukupi kebutuhan protein harian.

4. Buah-buahan

Buah-buahan adalah makanan penyubur kandungan lainnya yang tak boleh dilupakan. Dari banyaknya jenis buah-buahan, pilihlah buah yang kaya akan antioksidan.

Contohnya seperti buah beri (stroberi, raspberry, atau blueberry). Kandungan antioksidan di dalam buah ini melindungi tubuh dari kerusakan dan penuaan sel, termasuk sel pada sistem reproduksi.

5. Asupan Karbohidrat Kompleks

Selain empat makanan di atas, makanan yang kaya karbohidrat kompleks juga masuk ke dalam kelompok makanan penyubur kandungan. Karbohidrat kompleks bisa didapatkan dari roti tawar gandum atau sereal biji-bijian utuh. Makanan ini banyak nutrisi penting untuk kesuburan, seperti vitamin B, antioksidan, dan zat besi.

6. Makanan Kaya Asam Folat

Asam folat adalah salah satu nutrisi yang perlu dikonsumsi pada wanita yang ingin atau sedang berada dalam masa kehamilan. Menurut penelitian, ibu yang mengonsumsi asam folat empat minggu sebelum kehamilan dan delapan minggu setelah kehamilan, bisa meminimalkan risiko autis pada bayi sebanyak 40 persen.

Selain itu, asam folat berperan penting dalam meningkatkan kesuburan. Asam folat bisa kamu dapatkan dari bayam, brokoli kentang, sereal kacang-kacangan, dan buah-buahan seperti jeruk, pepaya, atau alpukat.

7. Makanan yang Mengandung Zinc

Makanan penyubur kandungan lainnya yang tak boleh dilupakan adalah makanan yang banyak mengandung zinc. Zat yang satu ini dapat meningkatkan produksi sel telur yang berkualitas dan melancarkan siklus haid. Nah, untuk penyubur kandungan wanita bisa didapatkan dengan asupan zinc dari tiram, biji-bijian utuh, ayam, daging sapi, telur, hingga produk susu.  (Halodoc/Red)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.