Sabtu, 27 April 24

Luar Biasa! Manfaat Air Hangat Bagi Kesehatan

Luar Biasa! Manfaat Air Hangat Bagi Kesehatan
* Minum air hangat. (Foto: LINE Today)

Air hangat dapat memberikan manfaat bagi tubuh dalam 2 cara, yakni diminum secara langsung atau saat diguyurkan pada tubuh saat mandi.

Manfaat minum air hangat bisa membantu mempercepat metabolisme tubuh, sehingga bisa membuat berat badan Anda turun perlahan.

Sensasi hangat dari air dapat membantu mengeluarkan toksin atau racun lewat urin dan keringat dari tubuh. Bagus untuk proses detoksifikasi tubuh.

Jika digunakan untuk mandi, manfaat air hangat bisa membantu menenangkan otot-otot tubuh sekaligus melancarkan sirkulasi darah.

Manfaat mandi air hangat juga bisa membantu mencegah insomnia. Sensasi hangatnya akan membuat tubuh jadi rileks dan lebih cepat tidur.

Saat bangun tidur, kebanyakan orang akan memulai harinya dengan minum segelas air, teh, atau kopi. Namun air putih yang dikonsumsi itu biasanya disajikan dalam keadaan dingin, bukannya hangat. Meski rasa air hangat tidak begitu enak di lidah, namun perlu diketahui bahwa manfaat air hangat ternyata begitu besar bagi tubuh kita.

Manfaat minum air hangat
Air hangat dapat memberikan manfaat bagi tubuh dalam 2 cara, yakni diminum secara langsung atau saat diguyurkan pada tubuh saat mandi. Berikut ini berbagai manfaat minum air hangat bagi tubuh Anda bila dilakukan secara rutin, antara lain:

1. Membantu menurunkan berat badan
Bagi Anda yang berencana diet ketat tapi ingin dengan cara yang sehat, maka cobalah rutin minum air hangat. Tidak hanya menaikkan suhu tubuh, manfaat minum air hangat ternyata dapat mempercepat metabolisme tubuh.

Cairan ini juga bebas kalori, sehingga aman dikonsumsi tanpa menaikkan berat badan.

2. Mendetoksifikasi tubuh
Tak banyak orang tahu bahwa air hangat merupakan ramuan ajaib yang dapat mengeluarkan toksin atau racun melalui urin dan keringat dari tubuh. Anda boleh menambahkan perasan lemon atau madu untuk menambah cita rasanya.

3. Memperlancar proses pencernaan
Minum air hangat selama makan dapat membantu mempercepat proses cerna. Selain itu, minum air hangat saat perut masih kosong juga bisa meningkatkan pergerakan lambung dan mencegah konstipasi.

4. Mencegah penuaan dini
Selain mempermudah keluarnya toksin dari dalam tubuh, manfaat air hangat juga dapat meningkatkan elastisitas kulit sehingga menjauhkan gejala penuaan dini seperti kulit kering, berkerut, dan bernoda hitam.

5. Meredakan gejala demam dan batuk
Air yang masuk dalam tubuh dapat membantu mengencerkan dahak sekaligus melegakan pernapasan. Rasa gatal dan nyeri pada tenggorokan juga bisa mereda hanya dengan minum air hangat yang banyak.

6. Menjauhkan penyakit
Mendidihkan air bisa membunuh kuman penyakit yang terdapat di dalamnya sehingga beragam penyakit pun bisa dihindari. Apalagi kalau diminum selagi hangat, maka akan mendapatkan manfaat air hangat lainnya bagi tubuh.

7. Menghidrasi usai berolahraga
Setelah berolahraga, tubuh tentu akan kehilangan banyak cairan sehingga perlu segera di’isi ulang’. Salah satu cara tercepatnya adalah dengan minum air hangat.

Tak hanya menghidrasi, air hangat juga bisa mengembalikan vitamin dan mineral yang hilang dari tubuh dengan cara mempertahankan keseimbangan elektrokemikal. Di samping itu, minum air hangat pasca latihan juga mampu mempercepat proses pembakaran kalori dalam tubuh.

8. Meningkatkan kualitas tidur
Menyeruput air hangat selama makan malam atau sebelum tidur tak hanya dapat melancarkan pencernaan, namun juga membersihkan tubuh dari toksin. Hal ini membuat tubuh menjadi lebih rileks dan cepat terlelap.

Tak hanya itu, Anda takkan mudah lapar saat tengah malam tiba dan bakal merasa lebih segar keesokan harinya.

9. Melancarkan sirkulasi darah
Saat segelas air hangat mengalir masuk dalam tubuh, timbunan lemak dan toksin akan terkikis dan dikeluarkan dari tubuh. Selain meningkatkan peredaran darah, risiko penyakit yang berhubungan dengan penyumbatan pembuluh darah akan berkurang.

10. Melindungi tubuh dari infeksi
Tak hanya sel kulit yang mendapat manfaat air hangat, namun juga bisa mendetoksifikasi permukaan kulit. Bila wajah berjerawat atau kulit kepala berketombe, minumlah sedikitnya 8 gelas air hangat setiap harinya agar pori-pori tak lagi tersumbat. (honestdocs/red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.