Jumat, 3 Februari 23

Kuota Haji 2023 Diperkirakan Penuh

Kuota Haji 2023 Diperkirakan Penuh
* Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Hilman Latief. (Foto: kemenag.go.id)

Obsessionnews.com – Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Hilman Latief  mengatakan, kuota Indonesia pada penyelenggaraan haji 1444 H/2023 M diperkirakan penuh.

 

Baca juga:

Kemenag akan Bahas Mudzakarah Perhajian 2022 di Pesantren Salafiyah Syafi’iyyah, Kabupaten Situbondo

Anies Pernah Naik Haji Bersama Almarhum KH Abun Bunyamin Ruhiat

 

 

Hilman mengungkapkan hal itu saat menutup Mudzakarah Perhajian Indonesia tahun 2022 di Pesantren Salafiyah Syafi’iyah, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Selasa (29/11/2022) malam. Mudzakarah ini mengangkat tema “Bipih dan Keberlangsungan Pembiayaan Haji”.

“Insya Allah kuotanya penuh. karena dari sana bahasanya begitu,” ujar Hilman.

Meski demikian Hilman belum memastikan maksud dari kata ‘penuh’ itu sendiri, apakah normal seperti tahun 2019 atau masih seperti tahun 2022.

“Hanya belum disebutkan angkanya,” tuturnya.

Dikutip dari laman resmi Kemenag, Rabu (30/11), dalam kesempatan tersebut Hilman mengaku Kemenag sudah menggelar rapat awal dengan Kementerian Haji dab Umrah Arab Saudi. Bahkan Indonesia termasuk yang didahulukan rapatnya agar bisa segera melakukan persiapan dini.

“Indonesia jemaahnya terbesar di dunia sehingga pengelolaannya harus dipersiapkan lebih awal,” ucapnya.

Hilman menambahkan, bahwa penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) penyelenggaraan ibadah haji oleh Menteri Agama RI dan Menteri Haji Saudi rencananya dilakukan pada 9 Januari 2023. Bersamaan itu akan dilakukan juga penandatanganan seluruh kontrak layanan, baik akomodasi, transportasi, konsumsi, maupun Masya’ir.

“Insya Allah Januari dan Februari kita sudah harus lari kencang untuk pelunasan,” tandasnya. (red/Fath)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.