Rabu, 25 Mei 22

Kunjungan Wisatawan ke NTT Ditargetkan Naik 15 Persen

Kunjungan Wisatawan ke NTT Ditargetkan Naik 15 Persen
* Danau Kelimutu di Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT)

Kupang, Obsessionnews – Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki sejumlah objek wisata populer untuk menarik minat kunjungan wisatawan domestik (wisdom) dan wisatawan mancanegara (wisman). Adapun objek wisata favorit itu adalah Komodo di Manggarai Barat, Danau Kelimutu di Ende, keindahan laut di Alor, Lembata, Adora, Maumere dan Labuan Bajo. Objek wisata lainnya adalah pesona 17 pulau di Riung, kampung tradisional Bena di Bajawa dan Wae Rebo di Manggarai dan Samana Santa di Larantuka, Flores Timur.

Di samping NTT juga mempunyai aneka seni dan budaya yang diandalkan untuk merebut simpati wisdom dan wisman, yakni musik tradisional Sasando di Rote Ndao dan atraksi budaya Pasola di Sumba.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT Marius Ardu Jelamu menargetkan kunjungan wisdom dan wisman meningkat 10-15 persen per tahun.

“Target kita setiap tahun naik 10-15 persen. Pada 2014 lalu, wisman yang datang ke NTT mencapai 80.000 orang dan wisdom mencapai hampir 370.000 orang, tahun ini ditargetkan naik 10-15 persen dari angka itu,” katanya di Kupang, Rabu (16/9/2015).

Namun demikian, Marius mengakui kendala saat ini adalah keterbatasan ketersediaan infrastruktur, anggaran, dan sumber daya manusia.

“Selain promosi, untuk mendogkrak kunjungan wisatawan, pertama-tama menyiapkan sarana dan prasarana yang memadai seperti jalan dan jembatan ke lokasi destinasi wisata juga listrik. Lalu, transportasi udara dan laut yang harus lancar,” ujarnya.

Marius berharap kebijakan bebas visa dapat mendongkrak kunjungan hingga 20 juta wisman ke Indonesia pada 2020. (rol/arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.