Minggu, 25 Oktober 20

‘Konser Putih Bersatu’ Akan Jadi Magnet Kampanye Jokowi di GBK

‘Konser Putih Bersatu’ Akan Jadi Magnet Kampanye Jokowi di GBK
* Sejumlah musisi dan seniman menggelar konferensi Pers Konser Putih Bersatu yang akan dilaksanakan di GBK, Jakarta. (Foto: Maulana Ramadhan/kumparan)

Jakarta, Obsessionnews.com Kampanye terbuka hari terakhir pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Jokowi-KH Ma’ruf Amin di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (13/4/2019) akan dimeriahkan dengan “Konser Putih Bersatu”. Konser tersebut diselenggarakan oleh seniman dan budayawan yang menamakan diri Gerakan Bareng Jokowi.

 

Baca juga:

Demi Bela Habib Rizieq, Dua Anggota FPI Ditangkap Karena Menghina Jokowi

Jokowi Telah Bangun Jalan Tol 782 Km

Hasto Yakinkan Jokowi-Ma’ruf Amin Siap Hadapi Debat Kelima

 

Penggagas acara, Abdee Negara, mengatakan, konser yang mengusung tema ‘Konser Putih Bersatu’ itu akan menampilkan lebih dari 500 artis, musisi, budayawan, dan seniman. Acara juga akan dihadiri 1.000 perwakilan tokoh masyarakat dan ratusan komunitas, antara lain kelompok alumni, pegiat fotografi hingga komunitas bela diri.

“Dari pendaftaran yang sudah masuk selama ini, kalau dari data yang mereka masukkan sudah mencapai 380 ribu orang,” kata Abdee dalam konferensi pers di Menara BTPN, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (8/4/2019).

Gitaris grup band ‘Slank’ itu mengaku pihaknya tidak menargetkan jumlah peserta yang hadir. Abdee menuturkan, jumlah tersebut masih kemungkinan akan terus bertambah. Namun menurutnya, jumlah peserta yang hadir diperkirakan akan lebih sedikit dari total peserta yang mendaftar. 

“Dari panitia mungkin yang akan hadir sepertiganyalah. GBK itu jumlah penonton normalnya sekitar 120 ribu orang dengan kepadatan 4 orang per meter. Kalau terpakai semua sudut mungkin 150 ribu orang,” tutur Abdee. 

Abdee mengatakan pagelaran itu merupakan wujud dari keinginan rakyat untuk memenangkan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin dalam Pemilihan Presiden 2019. Konser ini juga bukan hanya memiliki arti bersuka cita pada pesta demokrasi yang damai. Melainkan bermakna tekad dari seluruh rakyat Indonesia untuk ambil bagian di dalam mempercepat Indonesia menjadi negara maju.

“Konser ini tak hanya sekadar dukungan untuk Pak Jokowi. Ini adalah perayaan atas hasil usaha serta kerja nyata dari kepemimpinan Pak Jokowi bersama-sama masyarakat dalam membangun Indonesia adil makmur,” ujar Abdee.

Abdee mengajak seluruh peserta yang hadir untuk datang dengan mengenakan baju berwarna putih. Ia tak menampik bila nantinya ada peserta yang hadir dengan mengenakan atribut partai politik tertentu. “Cuma kita anjurkan memakai baju putih, silakan mencetak, menempelkan gambar-gambar dari komunitas masing-masing,” kata Abdee. 

Pintu acara akan dibuka tepat pukul 12.00 WIB. Acara itu sendiri berlangsung hingga pukul 17.00 WIB. Jokowi dan Kiai Ma’ruf sendiri dijadwalkan berpidato antara pukul 16.30 WIB hingga 17.00 WIB. Peserta yang hadir wajib mengenakan pakaian putih serta dilarang membawa atribut partai politik.

“Jumlah ini pastinya akan bertambah ya, karena hingga sekarang masih banyak yang mendaftar dan kami kerepotan menerima yang akan tampil. Tapi ya kami punya tim kurasi untuk memilih yang tampil,” lanjut dia.

Selain diisi oleh konser yang digagas sejumlah musisi, seniman, dan artis, kampanye juga akan dimeriahkan oleh festival kuliner nusantara. Untuk mengatur itu semua, Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Lodewijk Paulus, mengatakan, massa pendukung akan dibagi ke dalam tiga ring, yaitu ring dalam stadion, ring luar stadion, dan ring lingkar jalan luar GBK.

“Tanggal 13 itu (areanya) dibagi tiga ring. Ring pertama dalam GBK. Ring kedua itu di luar GBK dalam pagar, sebelum jalan. Dan ring Ketiga pada jalan,” kata Lodewijk di kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta.

Ring pertama akan difungsikan untuk panggung utama kampanye akbar. Sementara ring kedua untuk area festival kuliner nusantara. Lalu, di ring terluar, diatur untuk menampung para kader partai koalisi (PDIP, Golkar, PKB, PSI, Perindo, PPP, PBB dan Hanura).

“Pada ring tiga nanti juga akan menghadirkan para kader partai, mulai nanti dari Bundaran Hotel Indonesia sampai nanti ke Patung Pemuda Senayan. Kemudian seputaran dari GBK, itu dari Semanggi kemudian terus ke TVRI, TVRI kemudian ke hotel Mulia, Asia Afrika, sampai ke Hotel Century,” rinci Lodewijk.

Terkait setelan warna putih yang diserukan Jokowi, Lodewijk mengatakan seruan tersebut bermakna pelaksanaan pemilu damai. “Kenapa putih, kata dia, di situ terkandung niat bahwa pemilu ini dilakukan dengan hati yang bersih, kemudian tulus kilas dan damai,” ungkapnya.

“Diharapkan tentunya di GBK, kita akan putihkan GBK, sesuai apa yang disampaikan oleh Pak Jokowi,” imbuhnya lagi.

Lodewijk juga mengimbau massa pendukung untuk datang menggunakan angkutan umum. Menurutnya, hal itu menunjukkan bahwa kedatangan simpatisan bukan karena pengerahan secara masif, melainkan karena keinginan sendiri.

“Kader-kader kita atau pun simpatisan itu diharapkan datang dengan menggunakan kendaraan umum. Jadi tidak ada pengerahan yang masif. Tapi biarlah mereka datang mengalir dengan kesadaran sendiri, untuk menghadiri kampanye akbar,” kata Lodewijk.

Di kesempatan yang sama, Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN), Arya Sinulingga, mengatakan, konsep kampanye akbar Jokowi-Ma’ruf di SUGBK akan menghadirkan suasana yang inklusif atau terbuka. Semua masyarakat dari berbagai kalangan boleh ikut serta meramaikan. 

“Yang pasti keberagaman pada kampanye akbar Pak Jokowi-Kiai Maruf di GBK tanggal 13 besok akan kami tampilkan, ya. Intinya kita memastikan acara kita gembira dan semua rakyat bisa terlibat apapun sukunya, apapun agamanya, apapun pekerjaannya, semuanya akan bersatu dengan bersama-sama,” terang Arya. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.