Selasa, 29 September 20

Kepala BPN: Hakikat Kurban adalah Membantu yang Kesulitan

Kepala BPN: Hakikat Kurban adalah Membantu yang Kesulitan
* Sofyan A. Djalil menyerahkan secara simbolis hewan kurban kepada Laznas Dewan Dakwah. (Foto: dok Kementerian ATR/BPN)

Jakarta, Obsessionnews.com — 31 Juli 2020 umat Islam di Indonesia merayakan Hari Raya Iduladha 1441 H, berkurban hewan menjadi salah satu bagian tak terlepaskan dari perayaan Iduladha. Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) pun ikut melakukan kurban sebanyak 64 ekor sapi dan 9 ekor kambing.

Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil berpesan bahwa perayaan Iduladha agar menjadikan untuk membantu sesama.

“Kurban di kantor kita semakin hari semakin bagus, kurban ini bukan hanya sebagai pesta sate, kurban hakikatnya ialah tidak hanya sapi, kambing tetapi untuk membantu orang kesulitan yang ini jauh lebih esensi dari pada potong sapi atau kambing,” ujar Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan A. Djalil saat menyerahkan secara simbolis hewan kurban kepada Laznas Dewan Dakwah di Ruang PTSL, Lt.1 Kementerian ATR/BPN, Senin (3/08/2020).

Lebih lanjut, Sofyan A. Djalil mengatakan dengan kurban kita sebagai manusia dapat bermanfaat di lingkungan sekitar.

“Apa yang kita lakukan dengan ikhlas itu akan di balas Tuhan dengan luar biasa, pertama kurban ini bagian terima kasih kita kepada Tuhan dan kedua memberikan dampak positif di lingkungan kita dan kurban yang paling bagus yaitu di lingkungan yang dimana ada orang miskin di sana, kurban itu jauh lebih bermanfaat dan itu merupakan bagian apresiasi bagian dari solidaritas sosial,” kata Menteri ATR/Kepala BPN.

Menteri ATR/Kepala BPN juga berpesan dengan Iduladha ini dapat meningkatkan ketaqwaan kita semua.

“Terima kasih kepada panitia, ini sensitivitas, kepercayaan dan keyakinan yang kita lakukan untuk orang banyak, ini merupakan bagian investasi di akhirat, kalau kita laksanakan dengan ikhlas tentu akan menjadi investasi di akhirat. Investasi akhirat itu _unlimited_ atau selamanya asal dilaksanakan dengan ikhlas,” tutur Sofyan A. Djalil.

Perlu diketahui 26 ekor sapi akan dibagikan ke internal Kementerian ATR/BPN seperti, pegawai non struktural, sopir, tenaga kebersihan, serta masyarakat sekitar lingkungan kantor Kementerian ATR/BPN. Sementara itu 20 ekor sapi akan dibagikan ke eksternal seperti, pondok pesantren, yayasan yatim piatu, DKM Masjid dan masyarakat. Serta 18 ekor sapi dan 9 ekor kambing akan di distribusi melalui Laznas Dewan Dakwah.

Sekretaris Direktur Jenderal Penetapan Hak dan Pendaftaran Tanah, Askani yang juga sekaligus Ketua Panitia mengatakan kurban akan diberikan untuk masyarakat yang tepat sasaran. “Kami berusaha agar titipan kurban kepada panitia ini agar sampai kepada betul-betul orang yang menerima dan membutuhkan jadi proposal yang masuk sangat banyak,” ujar Askani.

Kegiatan penyerahan ini turut di dampingi Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN, Surya Tjandra; Sekretaris Jenderal Kementerian ATR/BPN, Himawan Arief Sugoto dan di hadiri oleh Pejabat Tinggi Pimpinan Madya Kementerian ATR/BPN, Pejabat Tinggi Pimpinan Pratama Kementerian ATR/BPN dan perwakilan anggota DKM Masjid Nuruur Rahman Kementerian ATR/BPN. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.