Minggu, 12 Mei 24

Kenali Khasiat Bawang Dayak bagi Kesehatan Tubuh

Kenali Khasiat Bawang Dayak bagi Kesehatan Tubuh
* Ilustrasi Bawang Dayak yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan (Foto: Freepik)

Obsessionnews.com – Mungkin kebanyakan orang belum mengetahui apa itu bawang dayak (eleutherine americana merr). Bawang dayak secara tradisional telah lama digunakan oleh suku Dayak, Pulau Kalimantan, untuk mengobati karies (pembusukan) gigi.

Bahkan, hingga saat ini, bawang dayak telah dimanfaat oleh masyarakat suku Dayak untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Contohnya penyakit darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes, dan strok.

Bawang yang berwarna merah ini memiliki kandungan kimia yang dibutuhkan tubuh. Di antaranya, alkaloid, steroid, glikosida, flavonoid, fenolik, tanin dan saponin.

Maka dari itu, anda perlu mengetahui manfaat bawang dayak untuk kesehatan. Berikut sejumlah manfaat bagi kesehatan, yang dirangkum dari Halodoc:

1. Menurunkan tekanan darah

Manfaat bawang dayak dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Karena bawang ini mengandung senyawa alisin yang bisa menurunkan tekanan darah.

2. Mencegah infeksi bakteri

Bawang dayak memiliki sifat antibakteri yang baik sehingga dapat dimanfaatkan untuk mencegah penyakit akibat infeksi bakteri. Penelitian menyebutkan ekstrak etanol bawang dayak dapat melawan bakteri patogen bernama staphylococcus aureus yang dapat mengakibatkan berbagai infeksi.

3. Mencegah diabetes

Bawang dayak juga berkhasiat untuk mencegah penyakit diabetes. Kandungan eleutherol, eleuthocide A, dan eleutherinoside B pada bawang dayak memiliki sifat antidiabetes.

Kandungan tersebut dapat menurunkan kadar glukosa darah. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari risiko penyakit diabetes.

4. Melawan radikal bebas

Bawang dayak mengandung triterpenoid, polifenol, dan flavonoid yang berperan sebagai antioksidan. Dengan mengonsumsi bawang dayak, maka tubuh dapat melawan paparan radikal bebas yang merusak diri dalam tubuh.

5. Meningkatkan kesehatan tulang

Khasiat bawang dayak selanjutnya yaitu meningkatkan kesehatan tulang. Penelitian menyebutkan, ekstrak etanol pada bawang dayak dapat meningkatkan kepadatan dan bobot tulang. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.