Rabu, 24 April 24

Kementerian PUPR Targetkan Bangun 2.100 Km Pengendali Banjir dan Pengaman Pantai

Kementerian PUPR Targetkan Bangun 2.100 Km Pengendali Banjir dan Pengaman Pantai
* Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. (Foto: Kementerian PUPR)

Bandung, Obsessionnews.com – Kabinet Indonesia Maju  di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin untuk periode lima tahun ke depan bervisi tetap melanjutkan pembangunan infrastruktur, khususnya melanjutkan dan memanfaatkan yang telah dibangun.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, di bidang sumber daya air Kementerian PUPR menargetkan penyelesaian 45 bendungan on going dan 15 bendungan baru, pembangunan 1.000 embung, 500 ribu Ha jaringan irigasi baru, rehabilitasi jaringan irigasi seluas 2,5 juta Ha, dan 2.100 Km pengendali banjir dan pengaman pantai.

 

Baca juga:

Basuki Birokrat yang Sangat Andal

Menteri Basuki Berperan Kurangi Disparitas Antarwilayah

Basuki Hadimuljono Menteri yang Tak Mau Pakai WhatsApp, Apa Alasannya?

 

Hal itu diungkapkan Basuki dalam sidang terbuka Penganugerahan Gelar Doktor Honoris Causa dalam orasi ilmiahnya yang berjudul Mengejar Ketertinggalan Infrastruktur Sumber Daya Air, Meningkatkan Daya Saing Bangsa di Aula Barat Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB), Jalan Ganesha, Bandung, Jawa Barat, Kamis (16/1/2020).

Dikutip obsessionnews.com dari keterangan tertulis, Jumat (17/1), dalam kesempatan tersebut Basuki menuturkan, pembangunan infrastruktur pengendali banjir sangat penting dalam upaya mengurangi dampak bencana banjir bagi masyarakat. Sejak akhir 1990-an konsep penanganan banjir mengalami perubahan dari semula flood control yang difokuskan pada badan sungai di ruas tengah dan hilir sungai menjadi flood management dengan penanganan secara terpadu dari hulu hingga hilir sungai,

”Pendekatan ini mulai diterapkan pada kegiatan North Java Flood Control Sector Project dan South Java Flood Control Sector Project,” terangmya.

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.