Jumat, 26 April 24

Kementerian PUPR Salurkan Bantuan ke Lokasi Gempa Ambon

Kementerian PUPR Salurkan Bantuan ke Lokasi Gempa Ambon
* Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyalurkan bantuan ke sejumlah lokasi terdampak gempa yang terjadi di Ambon, Provinsi Maluku, pada Kamis, 26 September 2019 lalu. (Foto: Kementerian PUPR)

Jakarta, Obsessionnews.com  – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyalurkan bantuan ke sejumlah lokasi terdampak gempa yang terjadi di Ambon, Provinsi Maluku, pada Kamis, 26 September 2019 lalu. Gempa dengan Magnitudo 6.5 tersebut menyebabkan kerusakan pada sejumlah bangunan hingga menimbulkan korban jiwa.

 

Baca juga:  ACT Kerahkan Relawan Bantu Korban Gempa Ambon

 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, dalam masa tanggap darurat yang paling penting adalah ketersediaan prasarana dan sarana air bersih dan sanitasi untuk keperluan sehari-hari bagi para korban dan pengungsi.

“Kami sangat concern dengan air bersih, terutama di tempat-tempat pengungsian. Kita juga manfaatkan instalasi pengolahan air minum (IPA) terdekat maupun IPA mobile untuk menyuplai air bersih, khususnya ke posko pengungsian,” ujar Basuki seperti dikutip obsessionnews.com dari keterangan tertulis, Selasa (8/10).

Bantuan tanggap darurat disalurkan oleh Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Maluku Ditjen Cipta Karya sesaat setelah terjadinya gempa. Bantuan yang disalurkan berupa fasilitas sarana dan prasarana (sarpras), seperti pemasangan tenda hunian darurat di pos pengungsian Desa Tulehu dan RSUD Dr. H Haelussy.

Untuk total sarpras air bersih dan sanitasi yang telah dimobilisasi di lapangan, yakni 7 unit mobil tangkir air (MTA), 13 unit hidran umum, 1 unit WC portable, 2 unit mobil toilet kabin,  dan masing-masing 1 unit dumptruck, truk tinja dan truk engkel.

Sedangkan untuk penanganan infrastruktur jalan dan jembatan, Kementerian PUPR telah melakukan pembersihan longsor dan pemasangan rambu-rambu pada lokasi longsor ruas Tour the Ambon. Pembersihan juga dilakukan pada gorong-gorong dan penutupan badan jalan dengan aspal di Desa Tulehu sehingga dapat dilewati kembali.

 

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.